TikTok Musik Resmi Ditutup November 2024, Bagaimana Nasib Penggunanya?

Buruan back-up playlist lo, Kawula Muda!

TikTok Music resmi bakal menutup layanannya pada 28 November 2024 (Alamy)
Wed, 02 Oct 2024

TikTok Music resmi bakal menutup layanannya pada 28 November 2024, Kawula Muda.

Layanan ini awalnya hadir sebagai pengganti aplikasi Resso, dan sempat tersedia di lima negara termasuk Indonesia, Brasil, Australia, Singapura, dan Meksiko. 

Pengumuman penutupan ini disampaikan langsung lewat website resmi TikTok Music pada Rabu, 25 September 2024. 

"Dengan berat hati kami sampaikan, TikTok Music akan ditutup pada 28 November 2024." tulis Tiktok Music dikutip pada Rabu (02/10/2024)

Tidak ada penjelasan detail soal alasan pasti di balik penutupan ini, tapi yang jelas, pengguna di seluruh dunia mulai mencari alternatif lain buat streaming musik setelah kabar ini keluar.

Setelah 28 November 2024, layanan TikTok Music bakal resmi dihentikan, dan semua langganan akan dibatalin secara otomatis. 

TikTok Music kasih waktu sampai 28 Oktober 2024 untuk transfer playlist (BusinessInsider)

Buat lo yang masih mau mindahin playlist ke platform musik lain, TikTok Music kasih waktu sampai 28 Oktober 2024 untuk transfer playlist. 

Kalau merasa ada yang harus di-refund, Kawula Muda bisa ajukan paling lambat 28 November 2024. 

Setelah lewat tanggal itu, gak bakal ada lagi akses ke TikTok Music, termasuk buat login dan fungsi lainnya. 

TikTok Music juga bilang kalau begitu ditutup, semua data pribadi pengguna bakal langsung dihapus dari sistem mereka. 

Jadi, pastikan sudah cari alternatif platform streaming musik biar playlist kesayangan lo tetap aman.

Ole Obermann, kepala global pengembangan bisnis musik di TikTok, menjelaskan bahwa penutupan TikTok Music dilakukan untuk memusatkan perhatian pada pengembangan TikTok itu sendiri. 

Fokus utamanya adalah meningkatkan kualitas layanan streaming musik agar lebih bernilai untuk setiap pihak, termasuk pengguna dan industri musik. 

TikTok juga memastikan bahwa mereka tetap berkolaborasi dengan platform streaming musik lain. 

Dengan adanya fitur baru, Add to Music, pengguna kini bisa langsung menambahkan lagu dari TikTok ke playlist mereka di platform besar seperti Apple Music, Amazon Music, atau Spotify. 

Hal ini menunjukkan bahwa meski TikTok Music akan ditutup, TikTok masih ingin tetap terlibat dalam dunia musik melalui cara-cara baru.

TikTok Music, yang sebelumnya bernama Resso, dirilis pada 2019 dan awalnya tersedia di Indonesia dan India. 

Lalu, namanya diganti jadi TikTok Music tahun lalu di Indonesia dan Brasil, sebelum akhirnya merambah Singapura, Australia, dan Meksiko. 

Namun, dengan ditutupnya platform ini di bulan November 2024, layanan ini akan sepenuhnya hilang dari negara-negara tempat ia beroperasi.

Jadi, buat Kawula Muda yang masih pakai TikTok Music, masih ada waktu nih buat lo backup data dan cari platform musik yang baru!

Berita Lainnya