Resmi Rilis! Apple Luncurkan iOS 18 Dengan Fitur yang Lebih Aman dan Canggih

Kawula Muda, udah pada update belum??

Cover iOS 18 (Apple)
Tue, 17 Sep 2024

Apple secara resmi meluncurkan iOS terbarunya yaitu iOS 18.1, yang membawa fitur-fitur baru yang semakin meningkatkan privasi dan kenyamanan penggunanya, Kawula Muda.

Salah satu fitur yang paling dinantikan adalah kemampuan untuk mengunci dan menyembunyikan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk melindungi data pribadi mereka dengan lebih mudah.

Selain itu, hanya iPhone SE hingga iPhone 16 Pro max saja yang mendapatkan pembaruan iOS 18.1.

Lebih dari itu, dalam pembaruan iOS 18.1, Apple akan memperkenalkan Apple Intelligence, sebuah sistem AI yang menggabungkan kecerdasan buatan generatif dengan konteks pribadi. 

Dengan fitur ini, perangkat akan menjadi lebih relevan bagi pengguna, sambil tetap menjaga privasi dan keamanan mereka.

Beberapa fitur terbaru pada iOS 18.1 sebagai berikut : 

Kostumisasi Home Screen dan Control Centre 

iOS 18 dapat kostumisasi Home Screen dan Control Centre (Apple)

Di iOS 18, kamu bisa menyesuaikan home screen dengan cara baru yang lebih menarik!

Kamu dapat mengatur ikon aplikasi dan widget untuk membingkai wallpaper atau menciptakan tata letak ideal di setiap halaman.

Selain itu, kamu bisa memilih bagaimana ikon aplikasi dan widget ditampilkan, dengan opsi mode terang atau gelap, serta ukuran standar atau lebih besar.

Control Center juga didesain ulang untuk lebih fleksibel, dengan pengelompokan ke dalam kategori Favorit, Koneksi, dan Pemutaran Media.

Semua ikon di dalamnya dapat diatur, dan kamu bahkan bisa menambahkan grup sesuai kebutuhan.

Kunci dan Sembunyikan Aplikasi

Fitur kunci dan sembunyikan aplikasi di iOS 18. (Neowin)

Salah satu pembaruan besar dari Apple di iOS 18 adalah fitur untuk mengunci aplikasi di iPhone. 

Kini, Apple menyediakan dua cara untuk melindungi aplikasi dan data sensitif ketika orang lain ingin menggunakan perangkat.

Pengguna dapat membuka aplikasi yang disembunyikan dan dikunci menggunakan Face ID, Touch ID, atau passcode.

Dengan mengaktifkan fitur ini, tidak ada informasi dari aplikasi yang muncul di tempat lain, seperti di Search, Siri, atau Notifikasi.

Ini memungkinkan pengguna untuk merasa lebih aman bahwa data atau informasi pribadi mereka tidak akan bocor secara tidak sengaja.

Rekam dan Transkrip Saat Menelepon

Fitur rekam dan transkip panggilan di iOS 18. (techviral)

Pembaruan iOS 18 juga membawa fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk merekam panggilan telepon langsung di iPhone.

Fitur ini dapat diaktifkan setelah melakukan atau menerima panggilan, dan semua partisipan akan mendapatkan notifikasi jika percakapan mereka sedang direkam untuk menjaga etika. 

Selain itu, iPhone akan menyediakan fitur transkrip selama merekam panggilan. Dengan bantuan Apple Intelligence, pengguna dapat meminta ringkasan dari percakapan yang telah direkam.

Pembaruan Aplikasi Photos

Pembaruan aplikasi photos di iOS 18. (Apple)

Pembaruan terbaru untuk aplikasi Photos memudahkan pengguna dalam menemukan dan menghidupkan kembali momen-momen berharga kamu.

Dengan tata letak yang lebih menarik secara visual, pustaka foto ditampilkan dengan cara yang terorganisir namun tetap familiar.

Kategori baru seperti “Recent Days”, “People & Pets”, dan Trips secara otomatis mengatur pustaka foto menggunakan kecerdasan pada perangkat, sehingga pengguna bisa menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mencari dan lebih banyak waktu menikmati kenangan mereka.

Selain itu, pengguna dapat mempersonalisasi tata letak dan menyematkan koleksi favorit untuk akses yang lebih mudah.

Fitur Baru di Safari

Fitur Safari terbaru di iOS 18

Dengan iOS 18, Safari menghadirkan berbagai fitur dan peningkatan baru.

Salah satunya adalah fitur Highlights, yang memungkinkan pencarian mendeteksi informasi penting di halaman web, seperti ringkasan, petunjuk arah, atau tautan cepat untuk mempelajari lebih lanjut tentang orang, film, musik, dan acara TV.

Selain itu, mode Reader kini lebih cerdas dan telah didesain ulang untuk meningkatkan pengalaman membaca, termasuk menampilkan daftar isi untuk artikel yang lebih panjang.

Game Mode 

Ilustrasi game mode iOS 18. (Redmond Pie)

Game Mode ini meningkatkan pengalaman bermain game dengan menjaga frame rate tetap stabil, terutama selama sesi bermain yang panjang, serta membuat AirPods, pengontrol game, dan aksesori nirkabel lainnya lebih responsif.

Pesan

iOS 18 membawakan efek baru di aplikasi Messages (Apple)

Aplikasi Messages kini hadir dengan efek teks baru yang membuat percakapan lebih hidup, menyoroti huruf, kata, frasa, atau emoji dengan tampilan dinamis dan animasi.

Pengguna juga dapat mengekspresikan nada pesan dengan lebih baik menggunakan format seperti huruf tebal, garis bawah, miring, dan coret.

Fitur Tapback sekarang mendukung penggunaan emoji atau stiker apa pun, serta memungkinkan pengguna membuat dan menjadwalkan pesan untuk dikirim nanti.

Selain itu, untuk pesan yang dikirim ke kontak non-Apple, Messages kini mendukung RCS, yang menawarkan media lebih kaya dan pengiriman pesan grup yang lebih andal dibandingkan SMS dan MMS.

Berita Lainnya