Potret Desain Kursi Bertingkat Pesawat Ekonomi, Lebih Manusiawi?

Kawula Muda, berikut bentuk desain kursi kelas ekonomi.

Alejandro Nunez Vicente bersama rancangan design kursi pesawatnya (INSTAGRAM/alex.nvb)
Fri, 09 Jun 2023

Pesawat merupakan transportasi umum yang digunakan untuk bepergian jarak jauh dengan melintasi pulau dan perairan. Ketika menggunakan transportasi pesawat ini, terutama pada kelas ekonomi, memiliki kursi yang sempit. Namun, Inovasi terbaru dari desain kursi pesawat terbaru, yang buat oleh Alejandro Nunez Vicente.

Alejandro Nunez Vicente, seorang pria berusia 23 tahun asal Madrid, Spanyol memiliki ambisi sangat besar dalam perubahan yang baik dan nyaman. Ia membuat kursi tingkat untuk pesawat ekonomi bersama Chaise Lounge.

Vicente mendesain kursi dengan tinggi 6 kaki, 2 inci yang memungkinkan para pengguna untuk dapat merenggangkan kaki dengan merebahkan diri sepenuhnya hingga 125 derajat, hampir seperti berbaring.

Desain Kursi Pesawat (INSTAGRAM/alex.nvb)

 

Dilansir dari VOI, Chaise Longue mengungkapkan, “Di satu sisi, baris bawah sempurna untuk individu dengan mobilitas terbatas atau untuk beristirahat dalam penerbangan jarak jauh.”

“Kursi tersebut sepenuhnya bisa ditarik masuk ke dalam struktur untuk memudahkan masuk dan keluar, dan sandaran kursi mencapai sudut 125 derajat (15 derajat lebih banyak dari kelas ekonomi saat ini). Yang lebih penting, penumpang dapat meregangkan sepenuhnya kaki mereka dan memberikan dukungan, mirip dengan posisi berbaring.” Klaim perusahaan tersebut.

“Di sisi lain, untuk mengakses baris atas, Anda harus naik dua anak tangga. Dengan sudut recline 125 derajat yang sama, baris ini memberikan penumpang lebih banyak ruang kaki dan privasi,” klaim Chaise Longue.

Akan tetapi, menurut publik desain tersebut masih terasa sempit untuk penumpang bagian bawah. Ditambah dengan jarak kepala yang terbatas, dibandingkan dengan penumpang yang duduk di bagian atas.

Desain Kursi Pesawat (INSTAGRAM/alex.nvb)

  

Alejandro pun mulai membangun prototipe kursi pesawatnya pada tahun 2021, dengan hanya menggunakan papan dan gambar tangannya. Mulai saat itu, industri dirgantara banyak yang tertarik dari konsep yang dibuatnya, termasuk Sir Tim Clark, Presiden dari Emirates. Bahkan desainnya ini masuk nominasi Crystal Cabin Award 2021.

“Saya dengan yakin dapat mengatakan bahwa saya bangga dengan apa yang telah saya capai, tetapi saya bahkan lebih bangga dengan semua orang yang telah membantu dan mendorong saya dengan berbagai cara, karena hanya berkat mereka saya berada di posisi ini saat ini.” Tulis Alejandro dalam keterangan di salah satu unggahan Instagramnya.

Bahkan idenya tersebut sudah diluncurkan di Metaverse dengan model kursi yang tersedia untuk dilihat oleh siapa saja dan kapan saja.

Bagaimana menurut Kawula Muda dari desain kursi tingkat pesawat ekonomi yang dibuat oleh Alejandro Nunez Vicente?

Berita Lainnya