Jepang Pecahkan Rekor! Punya Internet Tercepat Hingga 402 Tbps

Kira-kira kalian bakal ngapain nih kalo punya internet secepet ini?

Jepang catat rekor baru memiliki kecepatan internet sampai 402 tbps (Beebom)
Sat, 06 Jul 2024

Ilmuwan Jepang sekali lagi membuktikan bahwa mereka adalah ahli dari segala ahli. Baru-baru ini Jepang mencatatkan rekor sebagai negara dengan internet tercepat di dunia loh, Kawula Muda!

Dipimpin oleh para ahli cemerlang di bawah Photonic Network Laboratoy di National Institute of Information and Communications Technology (NICT) Jepang, tim ini berhasil mencapai terobosan baru dengan menggunakan optical fiber yang tersedia secara khusus untuk mencapai 402 terabit per detik (Tbps).

Kecepatan yang sangat cepat ini melampaui rekor sebelumnya yaitu 301 Tbps yang dipegang oleh Aston University di Inggris tahun lalu.

Proses ini memanfaatkan semua kabel transmisi standar optic fiber serta menggunakan teknologi amplifikasi yang berbeda.

NICT menyebutkan bahwa metode baru untuk mengakses kabel gelombang yang sebelumnya tidak terpakai ini dapat digunakan di jaringan telekomunikasi masa depan, sehingga menyediakan koneksi cepat yang dapat diakses oleh publik.

Kabel yang diunakan Jepang saat uji coba kecepatan internet (Big Think)

"Teknologi yang baru dikembangkan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk memperluas kapasitas komunikasi infrastruktur komunikasi optik seiring dengan meningkatnya permintaan layanan data di masa depan," tulis NICT dalam website resmi mereka.

Dengan internet secepat ini, lo bisa mengunduh sekitar 12.500 film dalam satu detik, yang berarti lebih dari tiga kali lipat jumlah film yang saat ini tersedia di Netflix.

Bagi para gamer, secara teori lo bisa mengunduh Call of Duty: Modern Warfare, yang berukuran 172GB dalam waktu 0,003423 detik. Gak cuma itu, Kawula Muda, lo juga bisa menyelesaikan 292 unduhan game hanya dalam satu detik.

Tentu saja, tidak ada yang akan mendapatkan koneksi internet rumah sebanyak 400 Tbps dalam waktu dekat.

Biaya persiapan saat ini terlalu mahal untuk pengguna umum, tetapi pengembangannya pasti akan menarik bagi industri secara keseluruhan, karena jumlah data yang diminta melalui web sangat besar.

Hasil dari eksperimen ini diterima sebagai  post-deadline paper di Konferensi Internasional ke-47 tentang Komunikasi Serat Optik (OFC 2024) dan dipresentasikan oleh Ben Puttnam pada hari Kamis, 28 Maret 2024 di San Diego Convention Center, California, Amerika Serikat.

Berita Lainnya