Iphone 16 Akan Rilis Bulan September, Apa Saja Fitur Terbarunya?

Perasaan iphone 15 baru launching kemarin....

Apple akan launching Iphone 16 Series di September (Getty Images)
Wed, 28 Aug 2024

Kawula Muda, Apple ngumumin tanggal event besar mereka, yang pastinya jadi momen penting buat semua Apple fans yaitu peluncuran iPhone 16!

Acara ini bakal diadakan pada 9 September 2024, jam 13:00 ET atau 10:00 WIB. 

Dengan tagline "It's Glowtime," event ini akan berlangsung di Steve Jobs Theater, Apple Park, dan tentunya bisa ditonton secara online dari mana aja, lho, Kawula Muda.

Walaupun masih misteri apa maksud dari "glowtime," rumor yang beredar sih bilang kalau fitur utama iPhone 16 nanti bakal berkaitan erat dengan teknologi kecerdasan buatan.

Jadi, bukan cuma soal desain atau kamera aja, tapi AI bakal jadi game changer di seri terbaru iPhone ini. 

Di event ini, Apple sepertinya bakal mengenalkan line up iPhone 16 terbaru. Salah satu perubahan besar yang diprediksi akan muncul di iPhone 16 dan iPhone 16 Plus adalah desain kamera belakangnya yang disusun secara vertikal.

Unit dummy iPhone 16 Series Terbaru (X/Sonnydickson)

Buat yang suka seri Pro, iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max kabarnya punya layar yang lebih besar, tapi masih tetap pakai layout tiga kamera yang sudah jadi ciri khas Apple. Plus, ada rumor kalau warna baru bronze bakal jadi pilihan.

Menariknya lagi, semua model iPhone 16 kemungkinan bakal dilengkapi dengan Action Button, yang sebelumnya cuma eksklusif buat lini Pro di iPhone 15.

iPhone terbaru dari Apple kemungkinan juga  punya tombol baru yang khusus buat ambil foto dan video. Tapi, belum jelas nih apakah fitur ini cuma ada di model Pro atau juga bakal hadir di iPhone 16 versi reguler.

Selain itu, Apple juga memperkenalkan serangkaian alat baru yang didukung oleh "Apple Intelligence." 

Mulai dari Genmoji yang bisa dipersonalisasi (emoji yang dibuat oleh AI Apple), hingga Siri yang lebih canggih, yang bisa bantu jawab pertanyaan seputar jadwal, isi email, sampai jam berapa pesawat orang tersayang kamu bakal mendarat.

Walaupun pengguna iPhone 15 Pro Max kemungkinan bisa menikmati beberapa fitur AI, iPhone 16 yang akan datang diprediksi bakal jadi perangkat pertama yang sepenuhnya didesain dengan fokus pada AI.

Apple juga ngumumin kerja sama dengan pencipta ChatGPT, OpenAI, yang belakangan ini lagi banyak disorot dan menghadapi berbagai tantangan.

Salah satu hal yang paling bikin penasaran dari peluncuran ini adalah soal harganya. Fans Apple udah lama debat, apakah iPhone harusnya lebih murah atau tetap mempertahankan harga premium demi keuntungan maksimal buat para investor.

Selain iPhone 16, kabarnya Apple juga bakal ngerilis Apple Watch Series 10 dan dua versi baru dari AirPods di acara tersebut.

Berita Lainnya