Apple Resmi Umumkan iPhone X hingga AirPods Gen 1 Jadi Produk Vintage

Pengguna produk Apple vintage, udah pada upgrade atau masih nyaman dengan perangkatnya nih?

Produk iPhone X dan Airpods Gen 1 (X/amanz)
Wed, 03 Jul 2024

Berita penting untuk pengguna iPhone dan Airpods, Apple telah mengumumkan bahwa iPhone X dan Airpods generasi pertama kini termasuk dalam kategori teknologi vintage. Artinya, kedua perangkat ini tidak akan diproduksi lagi dan tidak akan mendapatkan update perangkat lunak terkini, Kawula Muda!

Diluncurkan pada November 2017, iPhone X adalah bagian dari generasi ke-11 iPhone yang diumumkan bersama iPhone 8 dan 8 Plus.

iPhone X membawa desain layar penuh revolusioner dengan notch ikonik. Perangkat ini memperkenalkan fitur-fitur inovatif yang tidak ditemukan pada model sebelumnya.

Layar yang dimaksud sebagai revolusioner adalah Super Retina OLED 5,8 inci dengan warna yang cerah dan hitam.

iPhone X juga menghilangkan tombol Home dan Touch ID, yang telah menjadi fitur standar sebelumnya, dan menggantinya dengan teknologi Face ID yang menggunakan kamera TrueDepth.

Sedangkan, AirPods Gen 1 diumumkan pada September 2016 bersamaan dengan peluncuran iPhone 7 sebagai iPhone pertama tanpa jack Headphone, AirPods Gen 1 dirilis pada Desember 2016 dan berkembang sebagai headphone tanpa nirkabel dengan sambungan Bluetooth

Philip Schiller, Kepala Marketing Apple, Mempresentasikan iPhone X pada September 2017 (nytimes.com)

Sebagai tambahan, iPhone X adalah iPhone pertama yang mendukung pengisian daya nirkabel Qi. Inovasi-inovasi ini menjadikan iPhone X sebagai milestone penting dalam evolusi iPhone.

Dengan status baru iPhone X dan Airpods Gen 1 sebagai produk vintage, kemungkinan tidak akan ada lagi pembaruan perangkat lunak yang dirilis untuk kedua perangkat ini.

Namun, Apple masih menawarkan pelayanan dan suku cadang untuk beberapa produk lama termasuk iPhone 6, dengan "catatan" ketersediaan suku cadang dari produk tersebut yang sudah tidak diproduksi lagi.

Walaupun produksi iPhone X dan Airpods Gen 1 telah dihentikan dan tidak ada pembaruan perangkat lunak yang akan datang, pengguna masih bisa menikmati penggunaan kedua perangkat ini.

Akan tetapi, perlu diwaspadai bahwa Apple mungkin tidak akan bisa memberikan layanan perbaikan dan pembaruan software jika terjadi kerusakan pada perangkat-perangkat tersebut.

Pengumuman tersebut dirilis di situs web Apple bersama dengan delapan produk lain yang juga dikategorikan sebagai vintage, seperti : 

· iPhone 4 (8 GB)

· iPhone 5

· iPhone 6

· iPhone SE

· iPhone 8 Red

· iPhone 8 Plus Red

· iPhone X

· AirPods (1st generation)

Produk-produk ini dianggap vintage atau jadul setelah berhenti didistribusikan oleh Apple antara lima hingga tujuh tahun lalu.

Berita Lainnya