Viral! Potret Venue PON 2024 yang Berlumpur dan Berair

Padahal udah ngabisin anggaran sampe ratusan miliar lho~

Potret Venue PON 2024 yang berlumpur dan berair. (Istimewa)
Wed, 11 Sep 2024


Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 digelar pada 8-20 September 2024 belakangan jadi sorotan, Kawula Muda.

Sorotan tersebut rupanya bukan soal aksi gemilang para atlet atau momen-momen penting sepanjang jalannya pertandingan, melainkan soal venue PON 2024 yang dianggap belum siap.

Venue PON 2024 yang yang tahun ini digelar di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) tersebut mendadak viral karena dianggap tak layak dan dikeluhkan atlet.

Banyak video dan foto-foto yang beredar di sosial media menampilkan venue PON 2024 yang cukup miris, Kawula Muda.

Salah satu video yang beredar di sosial media memperlihatkan akses menuju venue cabang olahraga (Cabor) voli di GOR Bola Voli Indoor Sumut Sport Center, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Dalam video tersebut tampak kondisi jalanan masih bertanah, berlumpur hingga berair.

Potret tempat istirahat PON 2024 yang dibagikan atlet voli Shella Bernadetha di akun Instagram pribadinya. (Instagram/shellabernadethaa)

Melansir dari Kompas.com, Rabu (11/9/2024), kompetisi cabang olahraga voli indoor PON 2024 bahkan mesti diundur, Kawula Muda.

Kompetisi yang seharusnya dimulai pada hari Selasa (10/9/2024) harus diundur ke hari Rabu (11/9/2024), dikarenakan jalan akses menuju venue yang terletak di Sumut Sports Center, Desa Sena, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara masih dalam tahap pengerjaan.

Para atlet harus berjalan kaki melewati jalan yang masih berupa tanah untuk berlatih menjelang kompetisi esok hari.

Selain itu, ada juga atlet voli yang ikut PON 2024, yakni Shella Bernadetha, yang mengunggah potret tempat istirahat atlet yang tak nyaman di Instagram Story pribadinya.

Sebagai informasi, perawatan venue PON 2024 Aceh-Sumut ini sendiri menghabiskan biaya hingga Rp 811 miliar.

Presiden Jokowi bahkan meminta agar fasilitas tersebut dirawat karena telah memakan biaya yang sangat tinggi.

"Saya tidak ingin setelah PON usai fasilitas yang telah dibangun dengan dana yang sangat besar menjadi tidak terawat akhirnya rusak. Ini pengalaman dari PON-PON sebelumnya," kata Jokowi saat meresmikan rehabilitasi Stadion Dimurthala, Banda Aceh, Senin (9/9/2024).

Semoga pihak pemerintah dan penyelenggara langsung merespons kondisi ini ya, Kawula Muda.

Prambors News sekarang bisa didengerin di Spotify, Kawula Muda. Lo bisa search Prambors News di Spotify buat bisa dengerin berita dengan konsep yang beda.

Berita Lainnya