Timnas Indonesia Ditahan Imbang Australia 0-0 di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Indonesia mendapatkan 1 poin di laga kedua ini, Kawula Muda

Sandy Walsh mengejar bola saat Timnas Indonesia melawan Australia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup C, Selasa (10/9/2024). (AFC)
Tue, 10 Sep 2024

Timnas Indonesia menjamu Australia di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (10/9/2024) malam WIB. Pertandingan ini merupakan lanjutan ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 grup C.

Di babak pertama, Indonesia langsung memberi tekanan pada menit pertama. Sandy Walsh melepaskan sepakan mendatar yang masih bisa dihalau Mat Ryan, bola rebound langsung dimanfaatkan Rafael Struick yang kembali ditepis Ryan.

Tekanan Indonesia berlanjut. Kali ini berasal kerja sama Calvin Verdonk dan Nathan Tjoe-A-On yang masih bisa dipatahkan pertahanan Australia.

Pada pertengahan babak pertama, giliran yang melakukan pertahanan. Aksi gemilang Maarten Paes berhasil menghalau umpan silang Jackson Irvine lalu menahan tembakan Harry Souttar yang sempat membentur.

Paes kembali beraksi pada menit ke-22. Sundulan Souttar kembali mengancam pertahanan Indonesia saat menyambut sepak pojok, yang lagi-lagi bisa diamankan Paes.

Momen Calvin Verdonk dan Marselino Ferdinan menghadang pemain Australia saat Timnas Indonesia melawan Australia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup C, Selasa (10/9/2024). (AFC)

Pertahanan Indonesia kembali menghadapi ancaman serius pada menit ke-34. Sepakan Nestory Irankunda meluncur deras dan menerpa tiang gawang. Tak lama kemudian Craig Goodwin lolos di kiri dan sepakannya dihalau oleh Paes.

Meski pertahanan Indonesia terus ditekan, skor kacamata tetap bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Shin Tae-yong berbenah dengan memasukan Witan Sulaeman menggantikan Rafael Struick, yang membuat Ragnar Oratmangoen menjadi ujung tombak.

Pada menit ke-50, Witan Sulaeman dan Sandy Walsh melakukan umpan satu dua di sisi kanan dan diakhiri umpan silang Witan. Sayang bola masih bisa dibuang bek Australia.

Tujuh menit kemudian, Timnas Indonesia kembali mengancam gawang Ryan. Kali ini, giliran Marselino yang mencoba melepaskan tendangan melengkung dari sisi kiri kotak penalti, sayang bola masih melenceng dari sasaran.

Australia kemudian mendapat kesempatan menekan pertahan Indonesia. Craig Goodwin mengambil tendangan bebas lewat kaki kiri. Sayang tendangan tersebut masih bisa ditangkap sempurna oleh Maarten Paes.

Maarten Paes lagi-lagi jadi momok yang menakutkan bagi lini depan Australia.

Peluang Adam Taggart yang mendapat yang mampu menyambar kemelut di kotak penalti, masih bisa diamankan Paes.

Pada menit ke-77, Australia menghasilkan peluang lewat Awer Mabil yang lepas dari kawalan di depan gawang untuk menyundul bola, beruntung usahanya masih melenceng.

Di menit ke-88, giliran Indonesia yang melancarkan serangan balik lewat Pratama Arhan yang lolos ke sisi kanan pertahanan Australia. Sayang umpan Arhan tak akurat dan tak bisa dikuasai Ragnar Oratmangoen yang sudah berlari ke kotak penalti.

Jual beli serangan yang dilakukan kedua tim nyatanya tak berhasil merubah skor 0-0 hingga peluit panjang dibunyikan.

Dengan hasil ini, kini Indonesia mendapatkan dua poin di Kualifikasi Piala Dunia 2026 grup C.

Berita Lainnya