Balapan Tamiya Diupayakan Masuk ke Cabang PON 2024

Wah makin seru aja nih!

Tamiya direncanakan masuk ke cabang turnamen balapan PON 2024 (UNSPLASH/clark gu)
Tue, 05 Sep 2023

Balapan Tamiya dikabarkan sedang diupayakan untuk ikut serta dalam cabang turnamen balapan yang akan diselenggarakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh, Sumatera Utara.

Rencana balapan Tamiya sebagai salah satu cabang di PON ini disampaikan oleh Moch Yanuar Anugerah selaku Founder Kejuaraan Tamiya CAF.

"Mini 4WD yang kini di bawah naungan Ikatan Motor Indonesia (IMI) juga diproyeksikan untuk dikembangkan hingga dapat berkompetisi dalam gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON),” kata Moch Yanuar Anugerah.

Dilansir dari Media Indonesia, Turnamen Tamiya sebelumnya sempat digelar dalam Kejuaraan Nasional Tamiya yang bertajuk "CAFX4WD National Championship" yang berlangsung di Bandung.

Kejuaraan Nasional Tamiya "CAFX4WD National Championship" itu dikabarkan diikuti oleh 300 peserta balap atau pemilik Tamiya dari seluruh Indonesia. Perlombaan ini membuka dua kategori, yaitu Open Race Standard Tamiya Original (STO) tiga jalur, dan Time Attack lima jalur.

Dilihat dari kesuksesan kejuaraan Tamiya di Bandung tersebut, diharapkan bisa menjadi wadah penyalur hobi yang positif dengan menumbuhkan semangat kompetitif generasi muda, di tengah era digital dan serba gadget.

Selain itu, Kejuaraan Nasional Tamiya tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, dengan berkolaborasi dengan lebih dari 30 UMKM.

Berdasarkan semangat dan antusiasme masyarakat terlebih pada para penggemar Tamiya, diketahui tidak sedikit pihak yang berharap Tamiya bisa menjadi salah satu cabang turnamen di PON 2024.

Maka dari itu, Direktorat Motorsport Games IMI berencana untuk mengupayakan Tamiya diikutsertakan dalam cabang turnamen pada PON 2024 yang akan dibuka di Aceh pada 8 September serta ditutup di Sumut pada 20 September 2024.

Sebelumnya, Tamiya atau 4WD sudah diakui oleh pemerintah Indonesia lewat IMI Mini 4WD Championship Round 1 yang diakui oleh Bambang 'Bamsoet' Soesatyo selaku ketua MPR pada 2021 sebagai organisasi yang menaungi para pecinta Tamiya.

"Mainan Tamiya yang populer di dekade 1990-an, hingga kini tetap digandrungi para kawula muda hingga dewasa. Balapan Tamiya tidak ubahnya seperti balapan sepeda motor dan mobil. Butuh skill mumpuni, khususnya dalam melakukan modifikasi berbagai komponen, dari mulai dinamo, sasis, hingga ban," ujar Bamsoet saat memberikan SK Tamiya, dalam acara peresmian kantor IMI Pusat, di kawasan GBK, di Jakarta, Jumat (10/9/21) dilansir dari situs resmi MPR.

Berita Lainnya