Rincian Bonus Atlet Peraih Medali Olimpiade Paris 2024, sampai Rp 6 Milliar!

Selamat untuk semua peraih medali dalam Olimpiade Paris!

Atlet-atlet Indonesia yang meraih medali di Olimpiade Paris 2024 (NOC Indonesia)
Thu, 15 Aug 2024

Pemerintah Indonesia telah mengumumkan besaran bonus yang diterima oleh peraih medali di Olimpiade Paris 2024, Kawula Muda.

Tim Indonesia kembali dari Paris dengan prestasi mengesankan, meraih dua medali emas dan satu perunggu.

Veddriq Leonardo berhasil memenangkan emas di cabang speed putra panjat tebing, sementara Rizki Juniansyah membawa pulang emas di kelas 73kg angkat besi. Gregoria Mariska Tunjung menambah koleksi dengan medali perunggu di cabang tunggal putri badminton.

"Mungkin saya mau menambahkan terkait dengan bonus. Tadi kebetulan ada pertanyaan, tadi Bapak Presiden sudah mengumumkan tadi kebetulan bersama saya sore-sore di IKN," ucap Menpora, Dito Ariotedjo, saat ikut menyambut Veddriq dan Rizki yang tiba di Indonesia, dikutip dari CNN Indonesia pada Kamis (15/8/2024).

"Untuk yang emas mendapatkan Rp 6 miliar, untuk perunggu [atlet] 1,650 miliar. Bonus 2,750 [miliar] untuk pelatih yang emas. Pelatih perunggu 675 [juta]," lanjutnya.

Medali Olimpiade 2024 (Olympics)

Keberhasilan Indonesia merebut 2 emas dan 1 perunggu membuat Indonesia mengakhiri Olimpiade Paris 2024 dengan duduk di posisi 39. Torehan dua emas ini juga membuat Indonesia mengulang prestasi 32 tahun lalu di Olimpiade Barcelona 1992.

Dalam kategori negara ASEAN, Indonesia hanya tertinggal di belakang Filipina. Filipina menutup Olimpiade dengan perolehan dua medali emas dan dua perunggu.

Selain pemberian bonus, akan diadakan juga arak-arakan untuk merayakan prestasi Indonesia yang berhasil memenangkan dua medali emas dan satu perunggu di Olimpiade Paris 2024. Arak-arakan ini dijadwalkan berlangsung pada hari Kamis (15/8/2024).

Daftar Bonus Peraih Medali maupun Pelatih pada Olimpiade 2024 untuk Indonesia

Atlet Peraih Emas: Rp 6 Miliar
Atlet Peraih Perunggu: Rp 1,65 Miliar

Atlet non-medali: Rp 250 juta.


Pelatih Atlet Peraih Emas: Rp 2,75 Miliar
Pelatih Atlet Peraih Perunggu: Rp 675 Juta

Berita Lainnya