Rekapitulasi Medali Indonesia di Olimpiade Paris 2024: Terbaik ke Dua di Asia Tenggara

Semoga dalam kompetisi selanjutnya semakin banyak perolehan medali ya!

Perolehan medali Indonesia di Olimpiade Paris 2024 (Getty Images/Chesnot)
Tue, 13 Aug 2024

Olimpiade Paris 2024 telah ditutup secara resmi pada Senin (12/8/2024). Indonesia menyelesaikan kompetisi dengan peringkat ke-39 dalam klasemen akhir perolehan medali, Kawula Muda.

Kontingen Indonesia sukses menempati posisi ke-39 dalam klasemen akhir, dengan perolehan total tiga medali yang meliputi dua emas dan satu perunggu.

Hasil ini menempatkan Merah Putih sebagai perwakilan terbaik kedua dari Asia Tenggara, berada di bawah Filipina yang berada di peringkat ke-37 dengan perolehan dua medali emas dan dua perunggu.

Di bawah peringkat Indonesia, Thailand menduduki posisi ke-44 dengan perolehan satu emas, tiga perak, dan dua perunggu, sementara Malaysia menyelesaikan di urutan ke-80 dengan total medali dua perunggu.

Sebagai informasi, tiga atlet yang sukses meraih medali untuk Indonesia dari Prancis adalah Gregoria Mariska Tunjung yang memenangkan medali perunggu di nomor tunggal putri badminton, Veddriq Leonardo yang mendapatkan medali emas di nomor speed putra panjat tebing, dan Rizki Juniansyah yang juga membawa pulang medali emas dari cabang angkat besi di kelas 73 kilogram putra.

Medali Olimpiade 2024 (Olympics)

Sementara itu, Amerika Serikat berhasil mempertahankan dominasinya dan menyelesaikan Olimpiade Paris 2024 sebagai juara dengan total 40 medali emas, 44 perak, dan 42 perunggu. Dengan 126 medali yang berhasil diraih, AS juga menjadi negara dengan perolehan medali terbanyak selama Olimpiade Paris 2024.

China, yang sebelumnya berada di puncak klasemen, harus puas menempati posisi kedua dengan perolehan 40 medali emas, 27 perak, dan 24 perunggu. Meski jumlah medali emasnya sama dengan Amerika Serikat, China terpaut dalam jumlah total medali, sehingga tidak berhasil menjadi juara umum di Paris.

Kemudian, Jepang yang biasanya bertahan di posisi enam atau tujuh dalam klasemen sementara Olimpiade Paris 2024, secara mengejutkan melonjak dan finis di tiga besar. Negeri Sakura, yang menduduki posisi ketiga, berhasil meraih 20 medali emas, 12 perak, dan 13 perunggu.

Kemudian, Australia yang biasanya menduduki posisi ketiga, kali ini tergeser oleh Jepang dan terdorong ke posisi keempat. Kontingen Australia kembali ke benua mereka dengan perolehan 18 medali emas, 19 perak, dan 16 perunggu.

Terakhir, tim tuan rumah harus merelakan posisi kelima dalam klasemen akhir, dengan perolehan 16 medali emas, 26 perak, dan 22 perunggu, total 64 medali.

Berita Lainnya