Jadi Runner Up Liga Inggris, Pesta Persiapan Juara Arsenal Batal karena Gagal Juara

Padahal udah jago banget Arsenal musim ini, Kawula Muda!

Arsenal gagal juara dan jadi runner up Liga Inggirs musim 2023/2024 (Reuters/Dylan Martinez)
Tue, 21 May 2024

Arsenal sukses meraih kemenangan 2-1 atas Everton dalam laga pamungkas Liga Inggris 2023/2024, Kawula Muda.

Pertandingan tersebut berlangsung di Emirates Stadium pada Minggu (19/5/2024) malam WIB.

Kendati menang, Arsenal gagal menjadi juara Liga Inggris 2023/2024 dan harus puas mengakhiri musim sebagai runner-up.

Pasalnya, pada laga lainnya, pemuncak klasemen Manchester City berhasil mengalahkan West Ham United di Etihad Stadium dengan skor 3-1 sehingga mereka sukses mengamankan titel dengan keunggulan dua poin atas skuad asuhan Mikel Arteta.

Arsenal mendominasi permainan sejak menit-menit awal. Namun, meskipun memiliki 80 persen penguasaan bola, mereka kesulitan untuk menciptakan peluang emas.

Arsenal gagal juara dan jadi runner up Liga Inggirs musim 2023/2024 (REUTERS/Hannah Mckay)

Everton justru lebih dulu mencetak gol pada menit ke-43 lewat Idrissa Gueye. Mantan pemain Paris Saint-Germain (PSG) itu melepaskan tendangan bebas yang menyentuh Declan Rice sehingga bola berubah arah dan membuat David Raya tak berkutik.

Namun, hanya butuh tiga menit bagi Arsenal untuk menyamakan skor menjadi 1-1. Berawal dari umpan tarik Martin Ødegaard, Takehiro Tomiyasu sukses mengkonversikan umpan tersebut dengan baik sehingga membuahkan gol penyeimbang. Skor imbang itu pun bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Arsenal dan Everton saling bergantian mengancam gawang lawannya masing-masing.

Berbagai macam peluang sempat tercipta, baik dari Calvert-Lewin sampai Emile Smith Rowe.

Namun, pada akhirnya Arsenal sukses unggul 2-1 pada menit ke-89 lewat sontekan Havertz yang menghajar umpan silang Ødegaard. Mereka pun berhasil menutup laga dengan kemenangan, tetapi sayang hasil itu tak cukup untuk membantu mereka meraih gelar juara.

Dari pekan ke-29 sampai pekan ke-32, Arsenal sempat memuncaki klasemen Liga Inggris. Tapi, City tetap tenang mengejar Meriam London hingga akhirnya kembali juara.

Musim ini, Arsenal menunjukkan perkembangan dengan mencatatkan 28 kemenangan, lima hasil imbang, dan lima kali menelan kekalahan.

Torehan Arsenal itu lebih baik dibandingkan musim lalu. Tim asuhan Mikel Arteta mencatatkan dua kemenangan lebih banyak, sekali hasil imbang lebih sedikit, dan sekali kekalahan lebih sedikit.

Berita Lainnya