Gregoria Mariska Tunjung Jadi Satu-satunya Harapan Bulu Tangkis Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Semangat untuk Gregoria dalam Olimpiade!

Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung (AP Photo/Dita Alangkara)
Fri, 02 Aug 2024

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, bertekad untuk bermain dengan segenap kemampuannya di babak perempat final Olimpiade Paris 2024, yang akan berlangsung pada hari Sabtu (3/8/2024).

“Sudah (mencapai) perempat final tapi saya mau lebih. Saya akan melakukan semua yang saya bisa,” kata Gregoria, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI, Jumat (2/8/2024).

Gregoria menjadi satu-satunya pebulu tangkis Indonesia yang melangkah lebih jauh pada rangkaian pertandingan Olimpiade Paris 2024, setelah sebelumnya ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menelan kekalahan di babak delapan besar. 

Gregoria, yang bertanding sebagai unggulan ketujuh, meraih kemenangan dramatis melawan perwakilan Korea Selatan, Kim Ga Eun, dengan skor 21-4, 8-21, 23-21 dalam pertandingan babak 16 besar yang berlangsung di Porte De La Chapelle Arena.

Gregoria Mariska Tunjung (Instagram/gregoriamrska)

“Pastinya lega bisa memenangkan pertandingan yang melelahkan ini. Bagi saya cukup menjadi beban apalagi dengan keadaan sekarang saya tinggal sendiri,” kata Gregoria.

Terkait penampilannya, pemain tunggal putri yang berada di peringkat delapan dunia tersebut menyatakan kepuasannya, meskipun ia merasa bahwa pada gim kedua, kendali atas kondisi lapangan tidak berjalan dengan baik.

Gregoria mengakui bahwa tekanan yang dirasakan sangat besar ketika ia memasuki lapangan. Namun, seiring berjalannya pertandingan, ia berhasil mengubah ketegangan tersebut menjadi motivasi dan semangat tambahan untuk meraih kemenangan.

“Di interval gim ketiga, Coach Herli tahu saya berada dalam pressure yang sangat tinggi, jadi dia berpesan ayo coba lagi, apa yang saya yakini bisa dilakukan, lakukan saja. Setelah itu, saya juga teriak-teriak untuk melepaskan beban itu dan Puji Tuhan berhasil,” jelas Gregoria.

Dengan demikian, Gregoria akan bertemu dengan perwakilan Thailand, Ratchanok Intanon, di pertandingan berikutnya.

"Saya ingin beristirahat terlebih dahulu, besok adalah hari istirahat sehingga saya ingin mengisi ulang energi," kata dia.

Berita Lainnya