Format Baru Liga Champions dari UEFA: 36 Tim dan 189 Pertandingan!

Omong-omong, tim lo masuk Liga Champions gak?

Formal Champions League Terbaru (uefa.com)
Sun, 18 Aug 2024

UEFA telah mengumumkan dan merilis video panduan mengenai format baru Liga Champions yang akan diterapkan pada musim mendatang, Kawula Muda.

Musim 2023/2024 akan menandai tahun terakhir Liga Champions menggunakan format saat ini, dengan 32 tim dibagi ke dalam delapan grup.

Dua tim teratas dari setiap grup akan melaju ke babak knockout, mulai dari 16 besar hingga mencapai puncak di final.

Untuk musim mendatang, UEFA telah mengumumkan perubahan format Liga Champions. Format baru ini akan menampilkan berbagai perbedaan, termasuk jumlah peserta, total pertandingan, dan cara penentuan peserta.

Perubahan format Liga Champions tidak dilakukan tanpa alasan. UEFA menyatakan di situs resminya bahwa ada berbagai alasan, salah satunya adalah untuk "menciptakan keseimbangan kompetitif yang lebih baik di antara semua tim".

"UEFA dengan tegas menegaskan komitmen kami untuk menghargai nilai-nilai dasar olahraga dan menjaga prinsip-prinsip penting dari kompetisi yang terbuka, di mana kualifikasi didasarkan pada prestasi olahraga, sesuai dengan nilai-nilai dan struktur olahraga Eropa yang didirikan atas solidaritas," ucap Presiden UEFA, Aleksander Ceferin.

Aleksander Ceferin, Presiden UEFA, (ANTARA/AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA)

Perubahan format UCL ini diharapkan akan membawa dampak positif, termasuk menarik lebih banyak penggemar. Dengan format baru ini, ada kemungkinan pertandingan besar akan terjadi bahkan sebelum fase knockout.

Mulai musim depan, UEFA akan menerapkan format baru untuk Liga Champions yang mengadopsi sistem 'Swiss Model', yang dikenal dalam olahraga catur.

Mereka percaya bahwa tidak perlu ada pertandingan langsung antar tim, tetapi mereka masih harus mengikuti jadwal yang telah ditetapkan. Format serupa juga telah diterapkan dalam turnamen lain, seperti pada kualifikasi Liga Bangsa-Bangsa CONCACAF.

Saat ini, UCL melibatkan 32 tim yang dibagi ke dalam delapan grup, diikuti oleh babak gugur yang melibatkan 16 tim menuju final. Namun, untuk musim depan, jumlah peserta UCL akan bertambah menjadi 36 tim dan semuanya akan berkompetisi dalam satu sistem liga yang sama.

Setiap tim akan memainkan delapan pertandingan dalam Fase Liga, bertemu dengan delapan tim yang berbeda. Empat dari pertandingan ini akan diadakan di kandang sendiri, sementara empat lainnya akan menjadi pertandingan tandang.

Setelah fase grup League selesai dan klasemen akhir terbentuk, UCL akan melanjutkan ke fase knockout. Tim yang berada di peringkat satu hingga delapan akan langsung lolos, sementara tim yang berada di peringkat sembilan hingga dua puluh empat harus bertanding di babak play-off untuk memperebutkan delapan tempat tersisa di babak 16 besar dengan sistem dua leg. Adapun tim yang berada di peringkat dua puluh lima hingga tiga puluh enam akan tersingkir dan tidak akan berpartisipasi lagi di Liga Europa.

Mulai dari babak 16 besar, format dua leg akan diterapkan hingga semi-final, dan pertandingan final akan diadakan di lokasi netral yang telah ditentukan oleh UEFA.

UEFA telah mengonfirmasi bahwa sistem pot akan terus digunakan untuk menentukan undian pertandingan di fase grup Liga.

Empat pot akan berisi sembilan tim, dan setiap tim akan bermain melawan dua tim lain dari setiap pot tersebut.

Berita Lainnya