Atlet Bulu Tangkis China, Zhang Zhi Jie, Meninggal Dunia Setelah Kolaps Dalam Pertandingan

Dunia bulutangkis kehilangan salah satu pemain muda berbakat

Zhang Zhi Jie, meninggal dunia setelah kolaps di lapangan saat bertanding dalam kompetisi Badminton Asia Junior Championship (BAJC) 2024. Minggu, 30 Juni 2024. (Instagram/pbdjarumofficial)
Tue, 02 Jul 2024

Pemain bulu tangkis tunggal putra China, Zhang Zhi Jie, meninggal dunia selama pertandingan penyisihan grup di Asia Junior Championships 2024 (AJP) di Yogyakarta, pada hari Minggu (30/6/2024) pukul 23.20 WIB.

Menurut pernyataan resmi dari Badminton Asia dan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), atlet berumur 17 tahun tersebut pingsan dan mendapat perawatan medis saat bertanding melawan pemain Jepang di GOR Among Rogo, malam itu juga.

Dilaporkan oleh CNN Indonesia, Zhang Zhi Jie terjatuh, tengkurap, dan mengalami kejang di lapangan saat akan menerima servis dari Kazuma Kawamo, dengan skor imbang 11-11. Setelah upaya pertolongan pertama yang tidak berhasil, ia segera dilarikan ke rumah sakit terdekat.

"Zhang Zhi Jie dibawa ke rumah sakit dengan ambulans yang siaga dalam waktu kurang dari dua menit," kata Badminton Asia dan PBSI, seperti dikutip pada hari Selasa (2/7/2024).

Hasil pemeriksaan medis di RSPAU dr. S. Hardjolukito dan RSUD Dr. Sardjito mengungkapkan bahwa Zhang Zhi Jie mengalami henti jantung mendadak dan, setelah tanda-tanda kematian sekunder muncul, ia dinyatakan meninggal dunia pada pukul 23.20 WIB.

Zhang Zhi Jie pemain bulutangkis muda China, meninggal dunia. (Dok. Badminton Asia)

Sebagai informasi, Zhang Zhi Jie adalah pemain badminton muda yang lahir pada 30 Januari 2007. Atlet berusia 17 tahun dari Jiaxing, Zhejiang, China ini telah memulai karir bulu tangkisnya sejak usia dini di Taman Kanak-kanak.

Pemerintah Daerah Zhejiang mengakui Zhang Zhi Jie sebagai bakat luar biasa yang diharapkan dapat melanjutkan tradisi China dalam menghasilkan pemain tunggal putra yang berprestasi, sebuah potensi yang mulai terlihat sejak tahun 2022.

Di tahun 2022, Zhang Zhi Jie berhasil memenangkan kejuaraan nasional bulu tangkis untuk kelompok usia 15-17 tahun. Selain itu, Zhang Zhi Jie juga meraih berbagai prestasi di tingkat junior, khususnya setelah bergabung dengan tim junior China pada tahun 2023.

Pada tahun 2023, ia menduduki posisi ketiga di WONCHEON YONEX Korea Junior International Challenge. Di awal tahun 2024, Zhang Zhi Jie memenangkan Yonex Dutch Junior International yang diadakan dari tanggal 28 Februari hingga 3 Maret.

Selanjutnya, ia juga meraih posisi runner-up di YONEX German Junior yang berlangsung pada tanggal 6 hingga 10 Maret 2024.

Berita Lainnya