Anggota Komisi X Putra Nababan Minta Timnas Diisi 60 Persen Pemain Nasional!

Gimana yaa….

Anggota Komisi X Putra Nababan minta Timnas diisi 60 Persen Pemain Nasional! (Instagram/putranababan74)
Wed, 05 Jun 2024

Putra Nababan, Anggota Komisi X DPR RI, baru-baru ini mengeluarkan usulan yang cukup kontroversial nih, Kawula Muda.

Anggota Komisi X DPR RI ini meminta agar Timnas Indonesia sebagian besar diisi oleh pemain nasional dengan persentase 60 persen.

"Saya harus mencatat, bahwa di era sekarang ini adalah rekrutmen naturalisasi yang paling banyak. Ini sudah ada 11 pemain dari 2022," kata Putra dikutip dari CNN, Rabu (5/6/2024).

Hal tersebut diungkapkan Putra Nababan saat membahas naturalisasi dua pemain keturunan yang baru, yakni Calvin Verdonk dan Jens Raven.

Tiga pemain naturalisasi Timnas Indonesia di laga kontra Tanzania, uji coba internasional Juni 2024 (Bola/Abdul Aziz)

"Ini banyak sekali pemainnya bahkan kalau kita lihat Timnas kita kalau lagi bertanding lebih banyak pemain naturalisasinya ketimbang pemain nasional. Saya harus mengatakan pemain nasional saya tidak mau bilang lokal,” imbuhnya.

"Saya meminta kalau bisa 60 persen pemain nasional yang main. Jangan melulu di lapangan pemain naturalisasi. Jangan sampai di balik atas nama kemenangan dan sebagainya itu jadi di balik," ujar Putra.

Menanggapi hal tersebut, Menpora Dito Ariotedjo mengatakan penentuan komposisi pemain timnas merupakan kewenangan pelatih.

"Komposisi kewenangan pelatih pastinya," ujar Dito kepada wartawan, Selasa (4/6/2024).

Komisi X sendiri baru saja menyetujui naturalisasi Verdonk dan Raven dalam rapat kerja (raker) dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo dan Sekjen PSSI, Yunus Nusi, di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, pada Senin (3/6/2024).

Saat proses naturalisasi, Calvin Verdonk turut hadir di Gedung DPR. Sedangkan, Jens Raven mengikutinya melalui zoom karena sedang berada di Prancis untuk membela timnas U-20 di Toulon 2024 pada 3-16 Juni 2024.

Timnas Indonesia yang kini dilatih Shin Tae-yong memang kerap memainkan pemain naturalisasi, Kawula Muda.

Sebut saja Sandy Walsh, Jordi Amat, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick, Justin Hubner, dan Nathan Tjoe-A-On yang belakangan kerap mengisi starting line up Timnas Indonesia.

Gimana Kawula Muda, lo setuju sama usulan Putra Nababan?

Berita Lainnya