6 Olahraga Termahal di Dunia, Sekali Main Bisa Miliaran Rupiah!

Ada yang pernah lo coba, Kawula Muda?

Ilustrasi beberapa olahraga termahal di dunia (KOLASE PRAMBORS)
Tue, 25 Apr 2023

Tak hanya menyehatkan tubuh, beberapa olahraga rupanya dapat menguras dompet karena harganya yang sangat mahal. Memang, terdapat beberapa olahraga eksklusif yang hanya dapat dinikmati oleh segelintir orang dengan anggaran besar, Kawula Muda!

Tidak hanya biaya tinggi yang perlu dikeluarkan untuk mencoba olahraga ini, tetapi diperlukan juga uang dalam jumlah besar demi peralatan dan perjalanan.

Di seluruh dunia, terdapat beberapa jenis olahraga yang dikenal sebagai olahraga termahal. Berikut enam di antaranya, Kawula Muda! 

Formula 1

Ilustrasi mobil untuk olahraga F1 (UNSPLASH/ZOLTEN FEKESHAZY)

 

Formula 1 (F1) merupakan olahraga balap mobil yang terkenal dengan mobil-mobil mewah, tim-tim besar, dan sirkuit-sirkuit megah. Biaya yang diperlukan untuk mencoba olahraga F1 sangat tinggi, termasuk biaya pembelian dan penyewaan mobil, pemeliharaan mobil balap, dan sewa sirkuit. 

Bahkan, tim F1 profesional juga memerlukan sponsor yang kuat untuk membiayai operasional mereka, loh! Hal ini mengingat biaya total untuk tim F1 yang dapat mencapai 10 hingga 15 juta dolar AS (Rp 148 hingga Rp 223 miliar) setiap tahunnya.

Golf

Olahraga golf merupakan salah satu olahraga termahal di dunia (UNSPLASH/COURTNEY COOK)

 

Golf adalah olahraga yang dikenal sebagai olahraga elite. Hal itu dikarenakan biaya yang diperlukan untuk bermain golf bisa sangat tinggi. Hal tersebut termasuk biaya keanggotaan di klub golf yang eksklusif, biaya peralatan golf yang mahal, hingga biaya untuk bermain di lapangan golf berkualitas tinggi.

Sebagai informasi, harga stick golf satuan dengan merek ternama dapat mencapai Rp 19,9 juta. Padahal, biasanya seseorang perlu 14 stik golf agar dapat bermain golf secara maksimal. Selain itu, saat bermain golf di akhir pekan, pemain kira-kira harus membayar Rp 2,3 juta untuk sekali putaran penuh (18 lubang)! 

Polo

Dokumentasi olahraga polo yang perlu biaya tinggi (UNSPLASH/PAUL CHAMBERS)

 

Polo adalah olahraga berkuda yang dikenal sebagai olahraga mewah. Biaya untuk bermain polo sangat tinggi, mengingat harus terlebih dahulu memiliki kuda berkualitas dengan harga yang bisa mencapai Rp 5 miliar.

Kuda terbaik tersebut tentu diikuti dengan biaya pelatihan dan perawatan kuda yang tidak sedikit. Tidak lupa, perlu juga persiapan biaya peralatan seperti tongkat polo dan perlengkapan pelindung. 

Lompat Ski

Olahraga lompat ski (UNSPLASH/SEBASTIAN STAINE)

 

Lompat ski adalah olahraga musim dingin yang memerlukan keberanian dan keterampilan untuk meluncur dari menara lompat tinggi dan terbang di udara sejauh mungkin sebelum mendarat. Olahraga ini memiliki biaya yang sangat tinggi terutama karena perlengkapan yang diperlukan. 

Para pemain membutuhkan pakaian khusus, seperti kacamata pelindung, helm, dan pakaian anti-dingin yang mahal. Selain itu, peralatan lompat ski yang digunakan, seperti ski, ikat pinggang, dan sepatu, juga dibanderol dengan harga mahal. Untuk satu set perlengkapan ski saja, lo harus merogoh koceh mulai dari 400 hingga 1.000 Dolar AS (Rp 6 juta hingga Rp 14,8 juta)

Berlayar

Ilustrasi olahraga berlayar yang merupakan salah satu olahraga termahal di dunia (UNSPLASH/LEONI MILANO)

 

Berlayar adalah olahraga air yang melibatkan penggunaan perahu layar untuk berkompetisi atau berlayar di perairan terbuka. Olahraga ini juga dikenal sebagai olahraga elite yang memerlukan biaya yang cukup tinggi. Biaya untuk membeli perahu layar yang berkualitas bisa mencapai 7.500 Dolar AS atau Rp 111 juta. Terdapat pula biaya pajak yang dapat mencapai 10 persen harga pembelian kapal.

Jangan lupa, terdapat pula biaya perawatan rutin yang bisa mencapai angka signifikan. Selain itu, para pemain juga memerlukan pelatihan yang intensif sehingga turut melibatkan biaya pelatih yang juga tidak murah. 

Balon Udara

Ilustrasi balon udara (UNSPLASH/DARREN LEE)

 

Kerap dijadikan ajang rekreasi, rupanya balon udara juga merupakan suatu olahraga loh, Kawula Muda! Olahraga ini pun cocok untuk lo yang menyukai tempat tinggi dan tantangan. Selain menghasilkan keringat, tentu olahraga balon udara juga mampu menguras dompet lo. 

Bagaimana tidak? Untuk Kawula Muda yang ingin mencoba naik balon udara sekali saja, maka lo harus mengeluarkan sekitar Rp 4 juta per jamnya. Sementara itu, untuk mereka yang ingin serius menekuni olahraga ini, maka juga perlu membeli balon udara yang dapat mencapai Rp 300 juta bahkan lebih, loh! Angka fantastis tersebut juga harus ditambah dengan biaya penyewaan lahan untuk terbang dan mendarat, biaya perawatan, peralatan keamanan, serta berbagai pernak-pernik balon udara lainnya. 

Berita Lainnya