Waktu Satu Hari di Bumi Akan Berubah Menjadi 25 Jam? Ini Penjelasannya!

Eh kok bisa???

Bumi di prediksi akan berubah menjadi 25 jam per hari (Adobe Stock)
Tue, 20 Aug 2024

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa hari-hari di bumi semakin panjang karena bulan perlahan menjauh dari planet kita, Kawula Muda.

Diperkirakan, suatu saat nanti, hari di bumi bisa mencapai 25 jam. Tapi, ini bukan dalam waktu dekat, karena prosesnya butuh sekitar 200 juta tahun. 

Penelitian dari University of Wisconsin-Madison menyebutkan bahwa proses ini terjadi secara alami dan sudah berlangsung selama jutaan tahun. 

Jadi, meski tampaknya tidak ada yang berubah, sebenarnya hari di bumi sudah sedikit lebih panjang dibanding jutaan tahun lalu karena efek ini.

Setiap tahunnya, bulan bergerak menjauh dari Bumi sekitar 3,8 cm (1,5 inci), dan meskipun ini terdengar kecil, efeknya cukup besar dalam jangka panjang.

Visual Jarak Bumi dan Bulan (Geo Engineer)

Karena gerak mundur bulan yang perlahan ini, rotasi Bumi semakin melambat, menyebabkan durasi hari secara bertahap bertambah panjang. 

Menariknya, penelitian ini juga mengungkap bahwa di masa lalu, bumi berputar lebih cepat. Sekitar 1,4 miliar tahun yang lalu, satu hari di bumi hanya berlangsung selama 18 jam. 

Hal itu terjadi karena bulan lebih dekat dengan bumi, dan gravitasinya membuat planet kita berputar lebih cepat. Semakin dekat bulan, semakin cepat rotasi bumi.

Namun, seiring waktu, bulan semakin menjauh dari bumi dalam proses yang disebut 'resesi bulan', dan itu memperlambat rotasi bumi. 

Penemuan ini menunjukkan bahwa pergerakan bulan memainkan peran penting dalam menentukan durasi hari di bumi, dan bisa terus mempengaruhi kehidupan di planet kita secara perlahan namun pasti.

Berita Lainnya