Viral Rombongan Jokowi Lewat Bikin Ambulans Terhenti, Istana Minta Maaf

Waduhhhh

Ilustrasi rombongan Jokowi lewat bikin ambulans terhenti, Istana minta maaf (Kompas.com)
Fri, 28 Jun 2024

Viral video ambulans yang sedang membawa pasien terhenti saat rombongan mobil Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat, Kawula Muda.

Kejadian tersebut saat Presiden Jokowi berada di Sampit, Kalimantan Tengah.

Diketahui video viral tersebut diunggah akun @NinzExe07 di media sosial X. Melalui unggahan video tersebut terlihat kondisi di dalam ambulans yang sedang membawa pasien.

Ambulans tersebut terpaksa berhenti lantaran menunggu rombongan mobil kepresidenan lewat.

Menanggapi hal itu, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden M Yusuf Permana menyampaikan permohonan maaf.

"Kami memohon maaf kepada keluarga dan masyarakat atas kejadian tersebut. Dan akan selalu mengingatkan kembali kepada semua jajaran pengamanan," ujar Yusuf dikutip dari Kompas.com, Kamis (27/6/2024).

Lebih lanjut, Yusuf mengaku bahwa menurut standar operasional prosedur (SOP), ambulans seharusnya diberikan prioritas utama jalan atau akses.

Hal itu sudah dibuktikan saat pandemi Covid-19. Beberapa kali, iring-iringan Jokowi menepi untuk memberi jalan bagi ambulans yang melintas.

"Seringkali di jalanan rangkaian kepresidenan menepi dan disalip oleh ambulans karena memang itu adalah prioritas sesuai SOP kami," ujarnya.

Presiden Joko Widodo memang sedang berada di Provinsi Kalimantan Tengah sejak Rabu (26/6/2024) dalam rangka kunjungan kerja.

Kunjungan kerja Presiden di Kalimantan Tengah berlanjut hingga Kamis.

Berita Lainnya