Viral Forum IndoSarang yang Rasis dan Hina Indonesia

Gak semua orang Korea Selatan kaya gitu ya, Kawula Muda

Viral forum IndoSarang yang rasis dan hina Indonesia (Istimewa)
Sun, 09 Jun 2024


Belakangan sosial media diramaikan dengan temuan sebuah forum daring yang berisi rasis dan hinaan terhadap Indonesia, Kawula Muda.

Bermula dari cuitan di akun menfess @tanyakanrl terkait forum IndoSarang, mengungkapkan bahwa forum tersebut diduga berisi orang Korea Selatan yang menghina Indonesia.

Dalam cuitan di laman menfess tersebut, seorang netizen mengunggah screenshot beberapa komentar orang Korea Selatan yang tinggal dan bekerja di Indonesia. Komentar-komentar ini diantaranya bernada sarkas dan hinaan kepada orang Indonesia.

"Kulitnya hitam, paling jelek di Asia Tenggara dan punya obsesi. Kaya gini case by case sih tapi" tulis salah satu komentar di forum IndoSarang.

Viral forum IndoSarang yang rasis dan hina Indonesia (Istimewa)

"Kecuali tenaga kerja, pribumi yang murah dan tidak beradab semuanya menyebalkan?" tulis komentar lainnya.

IndoSarang sendiri merupakan sebuah forum online yang digunakan oleh orang-orang Korea Selatan yang tinggal dan bekerja di Indonesia, Kawula Muda.

Situs ini bisa diakses secara bebas dan berisi banyak tulisan dalam bahasa Korea mengenai banyak hal.

Sayangnya, beberapa komentar di forum ini menggunakan bahasa yang kasar serta merendahkan orang Indonesia.

Komentar-komentar dalam forum ini bahkan menyinggung agama dan perempuan asli Indonesia.

Kini, pemilik situs IndoSarang memberikan pernyataan resmi, dan meminta maaf terkait ujaran kebencian yang ada di situsnya, Jumat (7/6/2024).

"Halo, Sebagai pemilik situs, saya menyadari bahwa beberapa tulisan yang tidak baik telah diterjemahkan dan tersebar di luar situs kami. Pertama-tama, saya ingin minta maaf kepada teman-teman di Indonesia yang merasa terluka karena hal tersebut. Saya ingin menegaskan bahwa saya sama sekali tidak setuju dengan pernyataan rasis atau diskriminatif berdasarkan agama," tulisnya melalu laman IndoSarang.

Ia juga mengatakan bahwa apa yang ada di situs ini merupakan kebebasan tiap individu, dan menekankan bahwa tidak semua orang Korea seperti apa yang belakangan diisukan.

"Indosarang berusaha untuk menjaga sikap netral, agar pengunjung dari Korea memiliki pandangan yang seimbang tentang Indonesia tanpa terlalu banyak harapan atau kekhawatiran yang berlebihan. Seringkali terjadi percakapan yang kasar dan orang-orang sering bertengkar. Namun, selama masih dalam batasan hukum, itu adalah kebebasan masing-masing. Hal ini tidak hanya terjadi di Indosarang, tetapi juga di banyak situs internet lainnya di seluruh dunia, sehingga saya jarang melarangnya. Namun, perlu ditekankan bahwa ini tidak berarti saya atau orang Korea lainnya setuju dengan pendapat tersebut." imbuhnya.

Berita Lainnya