Usai Viral, Pemkab Cirebon Ubah Nama SiPEPEK Jadi SiPEPEG

SiPEPEG merupakan kepanjangan dari SiPEPEK New Generation

Usai Viral, Pemkab Cirebon ubah nama SiPEPEK jadi SiPEPEG
Wed, 17 Jul 2024


Usai nama SiPEPEK viral di sosial media, pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon berencana mengubah nama layanan daring itu menjadi SiPEPEG.

Aplikasi Sistem Pelayanan Program Penanggulangan Kemiskinan dan Jaminan Kesehatan atau SiPEPEK terpaksa berganti nama, Kawula Muda, selain karena cukup kontroversi nama SiPEPEK yang awalnya digunakan sempat terjadi eror, Kawula Muda.

Nama SiPEPEK terbilang kontroversial, karena menurut KBBI, kata ‘pepek’ berarti kemaluan perempuan.

Padahal, menurut laman situs Diskominfo Cirebon, SiPEPEK sendiri diambil dari bahasa daerah Cirebon, dimana pepek atau peupeuk berarti lengkap atau semuanya ada.

Menurut Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Diskominfo Pemkab Cirebon, Eka Swandi mengatakan nama layanan masyarakat SiPEPEK direncanakan akan berganti menjadi SiPEPEG yang merupakan kepanjangan dari SiPEPEK New Generation.

SIPEPEK yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon (dok. Pramborsfm)

"Saat ini untuk layanan masyarakat berbasis Aplikasi sudah berganti nama menjadi SiPEPEG. Hal ini bertujuan untuk menanggulangi sistem yang sempat eror saat menggunakan nama SiPEPEK," ujar Eka Swandi saat dihubungi Prambors, Rabu siang (17/7/2024).

Lebih lanjut, Eka mengatakan pergantian nama saat ini masih dalam tahap perencanaan. Ia juga mengungkapkan perubahan nama harus melewati proses dan prosedural yang panjang, sehingga perubahan nama layanan tersebut masih belum diresmikan.

Oleh karenanya, nama SiPEPEK masih jadi nama layanan masyarkat Kabupaten Cirebon di websitenya, Kawula Muda.

Selain SiPEPEK, ada banyak program dan layanan pemerintah dengan nama nyeleneh lainnya, Kawula Muda.

Seperti misalnya, Sistem Informasi Konsultasi Hukum Online milik Pengadilan Negeri Semarang (SITHOLE), Sistem Integrasi Kelapa Sawit-Sapi Berbasis Kemitraan Usaha Inti-Plasma (SISKA KU INTIP), Sistem Monitoring Stok dan Kebutuhan Pangan Pokok (Simontok), Sistem Informasi Organisasi Kemasyarakatan (Sisemok).

Pada dasarnya, semua program tersebut baik untuk masyarakat, Kawula Muda. Sayangnya pemilihan nama untuk program tersebut memang memiliki konotasi yang tabu.

Semoga semua layanan dan programnya bermanfaat untuk masyarakat ya, Kawula Muda.

Prambors News sekarang bisa didengerin di Spotify, Kawula Muda. Lo bisa search Prambors News di Spotify buat bisa dengerin berita dengan konsep yang beda.

Berita Lainnya