Usai Dilantik, Presiden Prabowo Naik Mobil MV3 Garuda Limousine Hasil Produksi PT Pindad

Mobilnya ga kalah keren cuy sama buatan orang luar!!

Momen Presiden Prabowo gunakan mobil MV3 Garuda Limousine karya PT Pindad (Intagram/pt_pindad)
Mon, 21 Oct 2024

Presiden Prabowo Subianto terlihat meninggalkan Gedung MPR/DPR setelah dilantik pada hari minggu (20/10/2024), menggunakan mobil SUV putih berpelat Indonesia 1 yang digunakannya untuk menuju ke Istana Merdeka.

Mobil tersebut merupakan "Maung Garuda" alias MV3 Garuda Limousine lengkap dengan emblem "GARUDA" yang diproduksi oleh PT Pindad, dan didesain khusus sesuai dengan arahan langsung dari Presiden Prabowo. 

“Kami terharu dan bangga karena kendaraan terbaru kami, MV3 Garuda Limousine, karya anak bangsa digunakan dalam momentum bersejarah dan dipercaya oleh Presiden RI, Bapak Prabowo Subianto yang tiada henti memberi kepercayaan, menantang dan mendorong penggunaan produk buatan dalam negeri produksi Pindad untuk terus maju dan meningkatkan kualitasnya,” tulis Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose melalui Instagram resmi @pt_pindad, pada hari Minggu (20/10/2024).

Kendaraan ini hadir dengan warna putih dengan tampilan yang eksklusif serta maskulin, yang menggabungkan perlindungan tingkat tinggi dengan kenyamanan yang ditingkatkan melalui penggunaan material berkualitas dan fitur-fitur canggih.

Presiden Prabowo meyakini bahwa kendaraan buatan dalam negeri ini merupakan bukti upaya keras PT Pindad dalam mewujudkan kemandirian bangsa.

Kendaraan karya PT Pindad memiliki berat 2,95 ton dengan dimensi panjang sekitar 5,05 meter, lebar 2,06 meter, dan tinggi 1,87 meter, serta desain long wheelbase yang sangat nyaman dan lega.

Kendaraan ini dilengkapi mesin yang berdaya 202 PS/199 HP, transmisi otomatis 8 percepatan, dan mampu mencapai kecepatan maksimal 100 km/jam.

Sebagai produsen alutsista, Pindad menjadikan perlindungan kendaraan sebagai prioritas utama. 

Kendaraan Garuda ini dilengkapi dengan bodi berbahan composite armor yang memiliki ketahanan terhadap munisi kal. 7,62 x 51 mm NATO ball dan kal. 5,56 x 45 mm M193. 

Selain itu, kaca anti peluru level B5/B6 serta ban tipe Run Flat Tyre (RFT) ukuran R21 yang tetap bisa melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan.

"Kendaraan MV3 Garuda Limousine memiliki desain yang memperlihatkan karakter yang kuat dengan identitas bangsa Indonesia yang kental, dilengkapi dengan fitur keamanan dan kenyamanan untuk penumpang didalamnya,” tulis Direktur Teknologi & Pengembangan PT Pindad, Sigit P. Santosa melalui akun resmi @pt_pindad (20/10/2024).

“Alhamdulillah hari ini produk buatan dalam negeri untuk pertama kalinya digunakan langsung oleh Presiden RI,” tambahnya.

Dari sisi eksterior, MV3 Garuda Limousine memiliki automatic footstep di samping untuk memudahkan akses keluar-masuk. 

Logo Garuda, yang melambangkan kekuatan dan dinamika dengan sayap mengembang, menghiasi beberapa bagian kendaraan, termasuk grille dan velg, dan tetap terlihat meski kendaraan sedang bergerak.

Interior premium kendaraan ini menggunakan aksen wood finish, dilengkapi dengan kursi penumpang model captain seat yang memiliki pengaturan elektrik dan dilengkapi dengan leg rest, serta limo touch control panel. 

Fasilitas lainnya mencakup Head Unit berukuran 12 inci, kamera 360°, LED smart TV, tempat penyimpanan berpendingin, serta portable WiFi.

Presiden Prabowo Subianto meninggalkan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Minggu setelah resmi dilantik, menggunakan kendaraan hasil karya dalam negeri, “Maung Garuda.”

Mobil tersebut diiringi oleh tiga mobil Jeep putih dan 10 motor Paspampres. Rombongan bergerak dan keluar melalui Gerbang DPR RI sekitar pukul 12.30 WIB.

Awalnya, Prabowo tiba dengan mobil Toyota Alphard berpelat Kemenhan, namun kemudian meninggalkan lokasi menggunakan SUV putih dengan pelat ‘Indonesia 1’ untuk menuju Istana Merdeka.

Presiden RI ke-8 ini kembali menggunakan MV3 Garuda Limousine bersama Presiden ke-7 RI, Joko Widodo, untuk perjalanan menuju Bandar Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Berita Lainnya