Total Dana Kampanye Awal Capres-Cawapres 2024 Capai Rp55,8 Miliar, Bisa Dipakai Buat Apa Saja?

Lo kalo punya duit segitu kira-kira mau dipake buat apa, Kawula Muda?

Momen debat Capres pertama (BBC Indonesia)
Thu, 18 Jan 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) pernah merilis informasi tentang laporan dana kampanye awal pasangan calon presiden-wakil presiden 2024.  Dikutip dari CNBC laporan tersebut dimuat di Sikadeka.

Laporan tersebut merinci dana awal kampanye masing-masing pasangan calon (Paslon) presiden-wakil presiden 2024.

Dalam laporan tersebut, pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tercatat memiliki dana awal kampanye paling tinggi, sebesar Rp31,43 miliar.

Sementara urutan kedua ditempati pasangan nomor urut 3, yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang memiliki dana kampanye sebesar Rp23,37 miliar.

Sedangkan pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Cak Imin menjadi paslon dengan dana awal kampanye paling kecil, yakni Rp1 miliar.

Sebagai informasi, dana kampanye berasal dari berbagai sumber, Kawula Muda. Diantaranya uang pribadi pasangan calon, dukungan partai politik, sumbangan perseorangan, serta kontribusi dari perusahaan dan badan usaha non pemerintah.

Dana kampanye awal seluruh paslon tersebut jika ditotalkan berjumlah Rp55,8 miliar, tentu itu jumlah yang tidak sedikit, Kawula Muda.

Jika berandai-andai, total dana kampanye awal tersebut digunakan untuk hal lain, tentu akan mendapatkan banyak hal.

Berikut daftar hal yang bisa dibeli jika total dana kampanye awal Capres-Cawapres digunakan untuk hal lain:

Langganan Spotify Paket Family Selama 53 Tahun

Ilustrasi playlist spotify (UNSPLASH/Fixelgraphy)

Spotify seakan jadi salah satu kebutuhan anak muda sekarang, layanan streaming musik ini begitu populer, sehingga membeli paket premium Spotify dianggap sebagai sebuah keharusan.

Karena Spotify premium memiliki beberapa keunggulan seperti, mendengarkan musik bebas iklan, download musik untuk mendengarkan secara offline, kualitas audio tinggi, dan berbagai keunggulan lainnya.

Spotify premium dibagi beberapa paket Kawula Muda, ada paket Mini seharga Rp2.500/hari, paket Individual seharga Rp54.990/bulan, paket Student seharga Rp27.500/bulan, paket Duo Rp71.490/bulan, dan paket Family Rp86.900/bulan.

Nah, Kawula Muda what if total dana kampanye awal seluruh paslon sebesar Rp55,8 miliar dibelikan paket premium Spotify?

Jika dana tersebut dibelikan paket Family Spotify, yang mana harga paket Family Spotify sebesar  Rp86.900/bulan, atau bulatkan saja jadi Rp87.000, maka total dana kampanye awal seluruh paslon yang sebesar Rp55,8 miliar bisa membuat seseorang berlangganan Spotify paket Family selama 53 tahun atau setara 641 bulan.

Bayangin, Kawula Muda, lo punya paket premium Family Spotify selama 53 tahun, mungkin bisa diwariskan ke generasi keluarga lo selanjutnya.

Beli 4.500 Tiket Konser Coldplay di Singapura Kategori Ultimate Spheres Experience

Perbandingan harga tiket konser Coldplay di Singapura dan Jakarta yang berbanding jauh (INSTAGRAM/livenationsg)

Konser Coldplay di Singapura sebentar lagi akan digelar Kawula Muda.

Pertunjukkan di Singapura ini menjual puluhan ribu tiket. Tiket konser Coldplay di Singapura sendiri dibagi menjadi dua kategori, yakni Standar dan Enhanced Experience. Kategori standar meliputi General Standing hingga CAT 9.

Tiket paling murahnya sendiri dijual sekitar Rp805.000 untuk CAT 9, sedangkan tiket yang paling mahal dijual sebesar Rp12,4 juta, untuk tiket kategori Ultimate Spheres Experience.

Harga tersebut sudah termasuk penambahan booking fee ya, Kawula Muda.

Bagaimana jika total dana kampanye awal seluruh paslon yang bernilai Rp55,8 miliar dibelikan tiket konser Coldplay di Singapura? Lo bakalan dapet 4.500 tiket kategori Ultimate Spheres Experience buat traktir temen dan keluarga lo, dengan asumsi harga per tiket Rp12,4 juta.

Ngomong-ngomong konser Coldplay di Singapura, lo bisa nonton konsernya gratis lho Kawula Muda, bahkan ditanggung semua akomodasi dan hotelnya. Mau tau caranya? Klik link ini.

Beli 1.690 iPhone Pro Max 1 TB

iPhone 15 Apple Event Wonderlust (INSTAGRAM/theapplehub)

iPhone jadi salah satu ponsel bergengsi yang sering dibeli anak muda, bahkan sempat ada penelitian yang menyebutkan jika gen Z malu jika tidak menggunakan iPhone.

iPhone sendiri kini sudah memiliki 15 seri, yang terakhir rilis adalah iPhone 15. iPhone 15 serie terdiri dari iPhone 15 reguler, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max,

iPhone 15 Pro Max 1 tera byte  jadi iPhone seri 15 yang paling mahal, dengan harga Rp32.999.000.

Bagaimana jika dana kampanye awal seluruh paslon yang berjumlah Rp55,8 miliar dibelikan iPhone 15 Pro Max 1 TB?

Dengan harga segitu, lo bisa dapetin 1.690 iPhone Pro Max 1 TB, dengan asumsi harga satu iPhone Pro Max 1 TB senilai Rp33.000.000.

Dapat 5.580.000 Porsi Batagor

Batagor (PERGI KULINER)

Batagor jadi salah satu makanan asli Indonesia yang sering dijumpai di jalan-jalan. Batagor kerap dijadikan cemilan atau bahkan jadi makanan utama.

Dilansir dari buku "Laris Manis Bisnis Gerobak" karya Agus Nurcahyo, batagor pertama kali dibuat oleh seorang penjual bakso tahu atau siomay keliling yang mengolah barang jualannya yang tidak laku.

Harga batagor per porsi pun beragam Kawula Muda, dari harga Rp5.000 hingga Rp.40.000, tergantung di mana lokasi jualannya.

Untuk harga batagor keliling sendiri rata-rata berkisar Rp.10.000/porsi, Kawula Muda.

Lalu, bagaimana jika dana kampanye awal seluruh paslon yang berjumlah Rp55,8 miliar dibelikan Batagor?

Dengan asumsi harga batagor Rp.10.000, maka lo bakal mendapatkan 5.580.000 porsi batagor, Kawula Muda. Atau sama dengan lo traktir 5.580.000 orang untuk makan batagor.


Kalo lo punya duit segitu, kira-kira bakal dipake buat beli apa, Kawula Muda?

Berita Lainnya