Tol Yogyakarta-Solo Direncanakan akan Ada Jalur Khusus Sepeda!

FYI, Jalur sepeda di tol ini udah diterapkan di Jerman loh!

Tol Yogyakarta akan ada jalur khusus sepeda (Liputan6/Immanuel Antonius)
Thu, 05 Sep 2024

Pemerintah Jokowi lagi gencar membangun jalan tol di seluruh Indonesia, dan salah satu yang paling dinantikan adalah tol menuju Yogyakarta (Jogja). 

Proyek tol Yogyakarta-Solo ini memang sangat besar, dengan investasi mencapai Rp27,48 triliun untuk membangun jalan sepanjang 96,57 km, Kawula Muda.

Tol ini bakal terhubung dengan tol Semarang-Solo dan tol Yogyakarta-Bawen, yang akan membentuk segitiga pertumbuhan ekonomi penting di Pulau Jawa.

Yang bikin proyek ini spesial adalah adanya jalur khusus sepeda, yang bakal jadi yang pertama di Indonesia. Rencananya, jalur sepeda ini akan ada di seksi 1, yaitu antara Kartasura dan Purwomartani. 

Jalur sepeda ini dirancang untuk memudahkan pengendara sepeda dan mendukung mobilitas yang ramah lingkungan di area tersebut.

Namun, PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) baru-baru ini mengumumkan bahwa rencana pembangunan jalur sepeda ini harus ditunda.

Proses pembangunan Tol Yogyakarta-Solo (DetikJateng/Jarmaji)

Alasan utamanya adalah keterbatasan lahan yang menghalangi pelaksanaan proyek. Menurut Rizki Raditya, Manajer Rekayasa Teknik dan Desain PT JMJ, mereka baru saja menerima instruksi untuk menunda proyek ini.

“Kami harus menunda pembangunan jalur sepeda ini untuk sementara karena masalah terkait lahan,” kata Rizki saat dihubungi di Yogyakarta pada hari Rabu.

Ide untuk membuat jalur sepeda ini pertama kali diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, pada tahun 2022. 

Tujuan awalnya adalah untuk membangun jalur sepeda di bagian Tol Yogyakarta-Solo seksi 1, yang menghubungkan Kartasura dan Purwomartani dengan panjang 42,3 kilometer.

Rencana ini kemudian ditindaklanjuti oleh PT JMJ dengan melakukan kajian mendalam dan merancang sketsa untuk jalur sepeda di tol Yogyakarta-Solo. 

Rizki menjelaskan bahwa pada tahap perencanaan awal, sketsa jalur sepeda ini baru mencakup area hingga Prambanan. 

"Kemarin, sketsa yang sempat kami buat untuk jalur sepeda ini baru sampai Prambanan," jelas Rizki.

Menurut Rizki, rencananya jalur sepeda ini bakal ada di sisi kanan dan kiri tol. Dia juga memastikan kalau jalur sepeda ini akan aman karena letaknya di luar bangunan utama tol.

Rizki bilang bahwa ide awalnya adalah bikin jalur sepeda supaya warga sekitar bisa manfaatin tol Yogyakarta-Solo buat bersepeda, olahraga, atau aktivitas lain yang bisa bantu hidupin UMKM. 

Jadi, tujuannya bukan cuma buat fasilitas, tapi juga buat mendukung ekonomi lokal.

Meski ada masalah dengan lahan, Rizki menegaskan bahwa proyek jalur sepeda ini belum dibatalkan. Jika ada solusi untuk masalah lahan, rencananya masih bisa diwujudkan.

Berita Lainnya