Selain Trump-Harris, AS Punya 6 Kandidat Calon Presiden untuk Pemilu 2024, Simak Daftarnya!

Ternyata banyak juga ya, Kawula Muda

Deretan Kandidat Presiden US 2024 (The Denver Post)
Wed, 24 Jul 2024

Jalan menuju pemilu Amerika Serikat (AS) semakin panas setelah Presiden Joe Biden mengumumkan pemunduran dirinya sebagai kandidat calon presiden, dan menunjuk Kamala Harris sebagai penggantinya dalam Pilpres AS 2024

Meskipun perhatian dunia tertuju pada pemilu tersebut, nama-nama di luar Donald Trump dan Kamala Harris tidak begitu dikenal secara luas.

Selain mereka, terdapat tokoh lain yang juga mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilu AS 2024, meskipun mereka tidak diusung oleh Partai Demokrat atau Republik, tetapi melalui jalur independen.

Berikut tokoh-tokoh yang merupakan kandidat calon presiden AS 2024:

Donald Trump 

Kandidat Calon Presiden AS, Donald Trump (NewsWeek)

Mantan Presiden AS, Donald Trump tengah aktif dalam kampanye untuk merebut kembali jabatan presiden yang pernah diembannya, dengan harapan menjadi presiden kedua yang memenangkan dua periode berturut-turut.

Trump masih menolak hasil pemilu 2020 yang menyatakan kekalahan dari Joe Biden, serta memperjuangkan teori konspirasi yang tidak terbukti mengenai kecurangan dalam pemilu tersebut. Dia telah dimakzulkan dua kali oleh Dewan Perwakilan AS.

Pada Mei 2024, Trump dijatuhi hukuman atas kasus uang diam di New York dan menghadapi tiga tuntutan hukum lainnya, termasuk dugaan campur tangan dalam pemilu 2020 dan penyalahgunaan dokumen rahasia.

Kamala Harris

Kandidat Calon Presiden AS, Kamala Harris (Getty Images)

Kamala Harris, Wakil Presiden AS saat ini, adalah pejabat perempuan tertinggi dalam sejarah Amerika Serikat. 

Biden telah mendukungnya untuk maju dari posisi kedua ke posisi presiden, dengan Harris berkomitmen untuk meraih dan memenangkan nominasi tersebut. 

Harris memiliki pengalaman panjang dalam pelayanan publik, namun kompleksitas perannya dalam pemerintahan membuat banyak pihak di dalam partainya merasa khawatir. 

Meskipun tingkat persetujuan publiknya hanya sedikit lebih tinggi dari Biden, Harris dikenal sebagai advokat yang vokal untuk hak-hak perempuan dan hak-hak aborsi, serta aktif dalam kampanye politik.

Robbert F. Kennedy Jr. 

Kandidat Calon Presiden AS, Robbert F Kennedy Jr (WCVB)

Putra Senator Robert F. Kennedy dan keponakan Presiden John F. Kennedy, Robert F. Kennedy Jr. awalnya bekerja sebagai pengacara lingkungan. 

Namun, selama pandemi COVID-19, dia belakangan terlibat dalam gerakan anti-vaksin yang kontroversial, menulis kritik terhadap kebijakan kesehatan masyarakat di media sosial dan buku.

Meskipun memiliki keturunan yang terkenal dari keluarga Kennedy, aktivitasnya dalam gerakan anti-vaksin mendapat banyak kritik, termasuk dari anggota keluarganya sendiri.

Kennedy sebelumnya ingin menjadi calon dari Partai Demokrat, tetapi pada Oktober ia memutuskan untuk maju sebagai calon independen.

Mengutip CNN, Kennedy telah bekerja sebagai pengacara untuk Riverkeeper, sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada lingkungan. Dia juga telah menjabat sebagai ketua Waterkeeper Alliance dan sebagai pengacara untuk Dewan Perlindungan Sumber Daya Alam.

Cornel West 

Kandidat Calon Presiden AS, Cornel West (CNN

Cornel West, seorang aktivis yang lama berjuang dalam isu-isu ras dan kelas, memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai calon independen setelah sebelumnya berada di bawah bendera Partai Rakyat, sebuah partai sayap kiri. 

Dia dikenal sebagai seorang intelektual publik dan sosialis yang aktif dalam politik Demokrat selama bertahun-tahun, termasuk mendukung Senator Bernie Sanders dalam pencalonannya sebagai presiden pada 2016 dan 2020. 

Dalam video pengumuman pada 5 Juni 2024, West menjelaskan bahwa keputusannya untuk maju sebagai presiden adalah bagian dari misinya untuk mencari kebenaran dan keadilan, tujuan yang telah dikejarnya sepanjang hidupnya.

Jill Stein 

Kandidat Calon Presiden AS, Jill Stein (Cosmopolitan)

Pada 9 November 2023, Jill Stein mengumumkan pencalonannya sebagai calon presiden dari Partai Hijau untuk tahun 2024. Dia sebelumnya mencalonkan diri dalam pemilihan presiden AS tahun 2016 dan 2012 sebagai kandidat Partai Hijau. 

Stein memulai karir politiknya pada tahun 2002 ketika diminta untuk mencalonkan diri sebagai gubernur Massachusetts oleh Partai Hijau-Pelangi.

Stein dikenal karena protesnya di pembangkit listrik tenaga batu bara dan rumah-rumah yang disita. Dia telah memberikan kesaksian di panel legislatif dan badan pemerintah, serta mendorong pembaruan dalam perlindungan terhadap merkuri untuk melindungi perempuan dan anak-anak di Massachusetts.

Chase Oliver

Kandidat Calon Presiden AS, Chase Oliver (FOX California)

Chase Oliver adalah seorang aktivis Partai Libertarian yang mencalonkan diri dalam pemilihan Senat AS tahun 2022 di Georgia. 

Oliver jika dibandingkan dengan kandidat dan presiden sebelumnya, adalah seorang calon presiden Amerika Serikat yang berusia muda. Sebelumnya, ia mencalonkan diri untuk Senat AS Georgia pada tahun 2022.

Pada tanggal 4 April 2023, Oliver mengumumkan pencalonannya untuk pemilihan presiden 2024. Dia terpilih sebagai calon presiden oleh Partai Libertarian pada 26 Mei 2024, dalam Konvensi Nasional Libertarian. Mike ter Maat juga dipilih sebagai calon wakil presidennya dalam konvensi tersebut.

Itu lah deretan calon kandidat presiden AS tahun 2024, Kawula Muda.

Berita Lainnya