Salah Satu Stasiun TV Swasta Minta Maaf usai Sebut Medali Perunggu Gregoria Mariska Hasil 'Giveaway'

Udah minta maaf ya, Kawula Muda

Salah satu visual dari Metro TV yang menarasikan medali Gregoria Mariska sebagai medali 'Giveaway' (MetroTV)
Mon, 12 Aug 2024

Belakangan ini, media sosial Indonesia dihebohkan oleh sebuah kontroversi yang menyeret nama salah satu stasiun televisi swasta, Kawula Muda.

Kegaduhan ini bermula dari sebuah pemberitaan yang dianggap tak layak ketika stasiun televisi tersebut melaporkan keberhasilan atlet bulu tangkis putri, Gregoria Mariska Tunjung, dalam meraih medali perunggu pada Olimpiade Paris 2024.

Stasiun televisi tersebut menyebutkan bahwa medali perunggu yang diraih Gregoria merupakan hasil dari sebuah giveaway.

Giveaway adalah istilah yang merujuk pada distribusi hadiah gratis kepada orang-orang, sering kali sebagai bagian dari promosi atau dalam rangka acara khusus.

Mulanya, stasiun televisi tersebut menampilkan cerita tentang kontribusi Indonesia di Olimpiade Paris 2024, dengan narasi "CERITA OLIMPIADE INDONESIA".

Pada pemberitaan tersebut, terlihat tiga atlet yang meraih medali di Olimpiade Paris 2024, yaitu Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah yang memenangkan medali emas, sementara Gregoria Mariska Tunjung disebut sebagai "Penerima Medali Giveaway Pertama".

Momen Gregoria Mariska Tunjung mendapatkan medali Perunggu Olimpiade Paris 2024 (REUTERS/Ann Wang)

Sebagai informasi tambahan, dalam pertandingan memperebutkan tempat ketiga kemarin, Carolina Marin dari Spanyol, yang merupakan lawan Gregoria, memilih untuk mundur karena cedera yang dideritanya, sehingga Gregoria pun berhak atas juara ketiga.

Meskipun begitu, netizen berpendapat bahwa penggunaan istilah "Giveaway" oleh sebuah stasiun televisi tidaklah tepat, karena mencapai babak perebutan tempat ketiga memerlukan usaha keras dan merupakan sebuah pencapaian yang patut dihargai.

Setelah menjadi viral, stasiun televisi tersebut akhirnya meminta maaf melalui akun Instagram resminya @metrotv.

"Kami menyampaikan permintaan maaf yang sebesar-besarnya kepada atlet peraih Medali Perunggu Gregoria Mariska Tunjung dan klarifikasi atas tayangan terkait perolehan medali Kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024 yang keliru dan tidak tepat" tulis informasi dari akun @metrotv. 

Stasiun televisi tersebut telah memperbarui narasi mereka dari "Medali 'Giveaway' Pertama" untuk Gregoria menjadi "Gregoria meraih Medali Perunggu di Cabang Bulu Tangkis".

Berita Lainnya