Presiden Jokowi Ungkap Progress IKN Masih 15 Persen Pada 17 Agustus 2024

Lama juga ya jadi nya, Kawula Muda

Pembangunan IKN baru mencapai 15 persen (Allianz Indonesia)
Thu, 18 Jul 2024

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sedang dipercepat menjelang peringatan HUT RI Ke-79 pada 17 Agustus 2024. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa pada tanggal tersebut, progres pembangunan IKN baru mencapai 15 persen.

“Jadi jangan membayangkan kita Upacara 17 Agustus itu sudah jadi semuanya. Tidak seperti itu, banyak yang baru menurut saya. Paling nanti 17 Agustus itu dihitung semuanya secara keseluruhan mungkin ya 15 persen (jadi),” ucap Presiden Joko Widodo di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, dikutip dari Antaranews pada Kamis (18/07/2024).

Grace Natalie, Staf Khusus Presiden Jokowi, menekankan bahwa angka 15 persen tersebut mencerminkan kemajuan keseluruhan dari proyek pembangunan IKN.

Jokowi Menyampaikan bahwa proses pembangunan IKN akan membutuhkan waktu lama (Biro Pers Sekretariat Negara)

Menurut Grace, pembangunan IKN memang memerlukan waktu yang lama karena luasnya empat kali lipat dari Jakarta.

"IKN itu luasnya 4 kali jakarta, ini proyek besar sekali," ujar dia.

Sementara itu, Jokowi juga menekankan bahwa IKN merupakan proyek jangka panjang yang tidak bisa rampung hanya 2 sampai 3 tahun. Jokowi memprediksikan pembangunan IKN setidaknya membutuhkan waktu hingga 20 tahun.

"Dan IKN itu kan bukan dibangun 2 tahun 3 tahun, ini sebuah mimpi besar jangka panjang, proyek jangka panjang. Mungkin 15-20 tahun (baru selesai)," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi, mengatakan bahwa belum ada rencana untuk memindahkan kantor ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dalam waktu dekat, Kawula Muda.

"Airnya sudah siap, belum? Listriknya sudah siap, belum? Tempatnya sudah siap belum? Kalo siap, pindah, " kata Jokowi usai menyerahkan bantuan kemanusiaan di Lanud Halim Perdanakusuma.

Berita Lainnya