PJ Gubernur DKI Jakarta Ingin Bikin Pulau Dari Sampah

Gimana caranya ya, Kawula Muda?

Ilustrasi PJ Gubernur DKI Jakarta ingin bikin pulau dari sampah (Forest Digest/R. Eko Tjahjono)
Mon, 13 May 2024


Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, yakni Heru Budi Hartono mengungkapkan keinginannya membuat pulau baru di laut Jakarta dengan menggunakan sampah, Kawula Muda.

Rencana tersebut dilontarkan Heru saat melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan fasilitas pengolahan sampah Refuse Derived Fuel (RDF) Plant Jakarta di Rorotan, Jakarta Utara, Senin (13/5/2024).

Pulau sampah ini diinisiasi dari pengerukan sedimen lumpur oleh Pemprov DKI yang terus menumpuk pada 13 sungai di Jakarta. Tumpukan sedimen ini lantas menjadi persoalan karena tak ada lagi tempat pembuangan.

Lebih lanjut, Heru Budi mengatakan bahwa lokasi yang tepat untuk membangun pulau sampah ini ialah di Jakarta Utara.

PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi ingin bikin pulau dari sampah saat seremoni groundbreaking proyek pembangunan Refuse Derived Fuel (RDF) Plant Rorotan, Jakarta Utara (ANTARA FOTO)

"Maka, lokasinya adalah salah satunya yang pantas, yang layak dikaji, adalah di wilayah utara (laut Jakarta). Jadi, nanti pembuangan sampah itu, termasuk sedimen, menjadi pulau-pulau," ujar Heru dikutip dari Suara.com, Senin (13/5/2024).

Selain itu, pulau baru ini disebutnya bisa menjadi tambahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) bagi Jakarta.

Rencana tersebut nantinya akan bekerja sama dengan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta sebagai pengelolanya.

"Pulau-pulau itu bisa pengolahan dinas Dinas Taman. Juga tentunya untuk pengolahan sampah itu sendiri dan kita bisa menambah RTH," ucapnya. 

Gak cuma itu, Kawula Muda, pulau baru ini rencananya akan menjadi pengganti Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang yang sudah kelebihan muatan.

"Kalau saya ditanya, ya kita harus ke depan seperti itu. Tidak mungkin lagi membuang sampah Bantar Gebang di wilayah daratan Jakarta," pungkas Heru. 

Prambors News sekarang bisa didengerin di Spotify, Kawula Muda. Lo bisa search Prambors News di Spotify buat bisa dengerin berita dengan konsep yang beda.

Berita Lainnya