Moo Deng, Bayi Kuda Nil Kerdil yang Mencuri Perhatian Dunia Maya!

Lucu banget kan Kuda Nil nya Kawula Muda??

Moo Deng, Kuda Nil spesies Pygmy Hippos. (Pygmy Hippos Foundation)
Wed, 18 Sep 2024

Moo Deng, seekor bayi Kuda Nil dari di Kebun Binatang Terbuka Khao Kheow di Chonburi di Thailand timur, yang saat ini menjadi sorotan di media sosial. 

Moo Deng yang namanya berarti "babi yang kenyal", lahir pada 10 Juli 2024 di Kebun Binatang Terbuka Khao Kheow Thailand dari pasangan Kuda Nil bernama Jona dan Tony.

Bayi Kuda Nil lucu ini ternyata anak ketujuh. Ia punya beberapa saudara, dua di antaranya ialah Moo Toon dan Moo Wan. 

Moo Deng sendiri, merupakan kuda nil berspesies pygymy hippos atau yang nama latinnya adalah choeropsis liberiensis.

Dengan pipi merah mudanya dan pesonanya yang alami, Moo Deng, kuda nil kerdil berusia dua bulan, berhasil menarik jutaan penggemar di dunia maya dan memikat banyak pengunjung ke kebun binatang Thailand tempat ia tinggal.

Aksi gemas Moo Deng yang tersebar di sosial media rupanya punya dampak bagi kebun binatang tempat tinggalnya, Kawula Muda.

Melanisr SCMP, Rabu (18/9/2024), ada lonjakan jumlah pengunjung kebun binatang Khao Kheow sebesar 30 persen atau 12.000 pengunjung sejak kelahirannya.

Bahkan, banyak pengunjung yang datang sebelum kebun binatang dibuka. Antusiasme ini dipicu oleh kepopuleran Moo Deng di media sosial.

Kuda Nil Moo Deng (X/twaniimals)

Video-video tentangnya bertebaran di berbagai platform media sosial dan berhasil mengumpulkan jutaan penonton.

Namun, di balik viralnya Moo Deng, terdapat fakta yang cukup mengkhawatirkan bahwa Kuda Nil Kerdil spesies yang dimiliki Moo Deng, saat ini terancam punah.

Menurut Pygmy Hippo Foundation, Kuda Nil Kerdil atau Kuda Nil Pigmy ini berasal dari Afrika Barat.

Saat ini, hanya sekitar 2.000 kuda nil kerdil yang tersisa di alam liar, terutama di Liberia, Sierra Leone, Guinea, dan Pantai Gading.

Tidak hanya itu, ternyata keimutan Moo Deng menarik pengunjung hingga membuat beberapa turis berperilaku yang tidak sepatutnya kepada Moo Deng.

Salah satunya adalah pengunjung yang menyiram air ke Moo Deng, sementara lainnya melempari Moo Deng kerang saat ia lagi tiduran. 

Moo deng sendiri, bahkan mempunyai merchandise yang berbentuk kaos dan celana yang bergambarkan ekspresi Moo Deng yang bisa dibeli via online.

Bukan hanya itu, kepopuleran Moo Deng di Thailand membuat perusahaan ternama seperti Sephora turut mengikuti tren Moo deng.

Dalam unggahannya, Sephora Thailand menggunakan foto Moo Deng untuk produksi produk blush 

“Pakai blush kalian seperti bayi kuda nil” tulis unggahan Sephora Thailand.

Sementara itu, Direktur kebun binatang, Narongwit, merekomendasikan waktu terbaik untuk menyaksikan Moo Deng beraksi adalah di pagi hari antara pukul 8 dan 9, ketika para penjaga sedang membersihkan kandangnya.

Selain itu, waktu yang tepat melihat bayi kuda nil ini adalah sore hari ketika penjaga memberi makan ibunya, sementara Moo Deng mengikutinya berkeliling.

Berita Lainnya