Menkominfo Soal Jet Pribadi Kaesang: Jet Pribadi dari Teman, Erina Hamil Gak Bisa Angkutan Umum

Kawula Muda, kalo lagi hamil ga bisa naik angkutan umum ya kata Pak Menkominfo

Menkominfo sebut jet pribadi Kaesang dari teman, Erina hamil gak bisa naik angkutan umum. (MPI)
Thu, 12 Sep 2024

Menkominfo Budi Arie Setiadi menanggapi polemik pesawat jet pribadi yang digunakan Kaesang Pangarep bersama istrinya, Erina Gudono, saat pergi ke Amerika Serikat, Kawula Muda.

Budi Arie yang juga Ketua Relawan Pro Jokowi (Projo) ini, mengatakan bahwa pesawat jet Gulfstream G650ER itu milik teman Kaesang.

"Gak ada, dia kan pribadi. Nah itu dari temennya," kata Budi Arie seperti dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (11/9/2024).

Lebih lanjut, Budi Arie bahkan meminta masyarakat untuk tak lagi mempermasalahkan masalah tersebut, karena menurutnya kondisi Istri Kaesang, yakni Erina Gudono yang tengah hamil tak dapat menggunakan angkutan umum atau pesawat komersil lainnya.

"Pokoknya udahlah. Satu, istrinya Mas Kaesang itu kan hamil sudah 8 bulan. Kan gak boleh naik angkutan umum, pesawat umum mana boleh?," ujarnya.

Ilustrasi Kaesang dan Erina Gudono saat liburan ke Amerika Serikat menggunakan jet pribadi. (Instagram/erinagudono)

Saat disinggung dugaan gratifikasi dalam penggunaan jet itu, Budi Arie menilai, Kaesang tak dapat dikaitkan dengan hal tersebut.

"Lho tidak bisa, itu temennya kok. Sama kayak saya pinjemin kamu, teman," imbuhnya. 

"Bukan pejabat publik Mas Kaesang," pungkasnya.

Sementara itu, Presiden Jokowi yang juga merupakan ayah Kaesang memberikan tanggapan singkat soal dugaan gratifikasi berupa fasilitas jet pribadi oleh Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep.

Jokowi hanya menekankan seluruh WNI memiliki kedudukan yang sama dalam tatanan hukum Indonesia.

"Ya semua warga negara sama di mata hukum, ya, gitu saja," kata Jokowi usai menonton Timnas Indonesia Vs Australia di GBK, Jakarta, Selasa.

Sebelumnya, publik sempat dihebohkan dengan dugaan penggunaan jet pribadi oleh Kaesang dan istrinya Erina Gudono saat berlibur ke Amerika Serikat.

Erina mengunggah foto jendela pesawat berbentuk oval. Jendela itu diduga jendela private jet dan berbeda dari pesawat komersil.

Isu kemudian berkembang hingga ke dugaan gratifikasi. Sejumlah pihak menduga Kaesang menggunakan jet pribadi Gulfstream G650E milik Garena, perusahaan asal Singapura.

Hingga saat ini, baik Kaesang maupun Erina belum memberi jawaban terkait isu ini.

Berita Lainnya