Menko Airlangga Soal Anggaran Program Makan Siang Gratis: Tiap Daerah Berbeda

Kita tunggu update selanjutnya ya, Kawula Muda!

Menko Airlangga angkat bicara terkait isu pemotongan anggaran program makan siang gratis (ekon.go.id)
Mon, 22 Jul 2024

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto, menyatakan bahwa jumlah anggaran untuk program makan siang gratis per anak akan variatif di setiap daerah, Kawula Muda.

Dia menyatakan bahwa detail teknis mengenai program unggulan dari presiden terpilih Prabowo Subianto akan dibahas lebih lanjut di masa mendatang.

Hal ini merupakan respon dari isu anggaran makan siang gratis yang sebelumnya disepakati Rp15.000 menjadi Rp7.500 per porsi.

"Tentu di setiap daerah akan berbeda. Tapi teknis akan dibahas ke depan," kata Airlangga usai acara peluncuran Geoportal One Map Policy 2.0 dan White Paper OMP Beyond 2024 di St. Regis, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2024) dikutip dari Kompas pada Senin (22/7/2024).

Ketua Umum Partai Golkar ini menyatakan bahwa teknis program unggulan Prabowo yang satu ini akan dibahas lebih lanjut, mengingat anggaran untuk program tersebut telah dimasukkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2025.

Menko, Airlangga saat meninjau simulasi makan siang gratis (Liputan6/Pramita Tristiawati)

Anggaran untuk program makan siang gratis telah ditetapkan sebesar Rp 71 triliun.

"Program makan gratis itu sudah dianggarkan di dalam RAPBN ke depan itu sebesar sekitar Rp 71 triliun. Nah teknisnya nanti akan dibahas lebih detail lagi," jelas Airlangga.

Adapun pelaksanaan program makan bergizi gratis ini akan mulai diuji coba di Kota Tangerang, Banten pada 5-9 Agustus 2024 mendatang. Uji coba program andalan presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka ini menyasar 20.157 siswa di jenjang SD dan SMP.

Sebelumnya, Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, menyangkal rumor tentang pemotongan anggaran makan siang gratis untuk anak sekolah yang sebelumnya sebesar Rp15.000 dipangkas menjadi Rp7.500 per anak.

"Kata siapa, tunggu kepastiannya dulu," kata Gibran.

"Ditunggu dulu, jangan memberitakan hal-hal yang belum pasti," lanjutnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy turut menanggapi isu anggaran makan siang gratis.

Menurut Muhadjir Effendy anggaran makan siang gratis sebesar Rp7.500 per anak sangat besar.

"Kan masing-masing daerah berbeda, nanti saya kira akan disesuaikan tingkat kemahalan daerah. Saya rasa di daerah tertentu Rp 7500 sangat besar itu, tapi di daerah tertentu memang kecil," ujar Muhadjir

Berita Lainnya