Menjelang Lengser, Jokowi Minta Maaf kepada Rakyat

Katanya, Pak Jokowi gak bisa menyenangkan semua pihak, Kawula Muda

Momen Presiden Jokowi minta maaf kepada rakyat saat menggelar Zikir Kebangsaan di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis malam (1/8/2024). (Biro Pers, Media, dan Informasi Istana)
Fri, 02 Aug 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ucapkan permintaan maaf kepada rakyat saat menggelar Zikir Kebangsaan di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis malam (1/8/2024).

Jokowi mengatakan bahwa selama menjabat sebagai presiden, ia menyadari tidak bisa menyenangkan semua pihak, Kawula Muda.

"Di hari pertama bulan kemerdekaan, bulan Agustus. Dengan segenap kesungguhan dan kerendahan hati, izinkanlah saya dan Kiai Haji Ma'ruf Amin ingin memohon maaf yang sedalam-dalamnya atas segala salah dan khilaf selama ini. Khususnya selama kami berdua menjalankan amanah sebagai Presiden Republik Indonesia dan sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia," kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menyadari bahwa dia dan Ma'ruf Amin tidak dapat menyenangkan dan memenuhi harapan semua pihak. Jokowi bahkan menyebut tidak sempurna dan hanyalah manusia biasa.

Momen Presiden Jokowi minta maaf kepada rakyat saat menggelar Zikir Kebangsaan di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis malam (1/8/2024). (Tirto.id/ M. Irfan Al Amin)

"Kami sangat menyadari bahwa sebagai manusia, kami tidak mungkin dapat menyenangkan semua pihak. Kami juga tidak mungkin dapat memenuhi harapan semua pihak. Saya tidak sempurna, saya manusia biasa, kesempurnaan itu hanya milik Allah SWT," ujarnya.

Sebagai informasi, Jokowi akan mengakhiri masa jabatannya dalam hitungan bulan, atau tepatnya pada Oktober 2024.

Menurut Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 mengenai Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024, batas waktu masa kekuasaan presiden dan wakil presiden adalah pada Minggu, 20 Oktober 2024, ketika presiden dan wakil presiden terpilih baru mengucapkan sumpah/janji.

Itu artinya, Jokowi akan mengakhiri jabatannya sebagai Presiden pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Berita Lainnya