Kronologi Perseteruan Ahmad Dhani yang Larang Once Mekel Bawakan Lagu Dewa 19

Buntut ke isu-isu lain, nih.

Kronologi perseteruan Ahmad Dhani dengan Once Mekel terkait larangan pembawaan lagu Dewa 19 (BERBAGAI SUMBER)
Wed, 05 Apr 2023

Baru-baru ini publik dihebohkan tentang pernyataan Ahmad Dhani tentang larangan pembawaan lagu Dewa 19 kepada Once Mekel.

Pernyataan tersebut terucap saat Ahmad Dhani bersama personil lainnya sedang menjalankan tur konser di beberapa kota.

Hingga saat ini, masalah tersebut melebar mulai dari royalti serta bayaran antara keduanya saat manggung. Beredar juga rumor tentang hubungan Ahmad Dhani dan Once yang kini merenggang.

Kawula Muda, Prambors sudah merangkum kronologi perseteruan royalti antara Ahmad Dhani dan Once Mekel dilansir berbagai sumber, Rabu (05/04/2023).

Adanya Larangan Membawakan Lagu Dewa 19 untuk Once

Kronologi perseteruan Ahmad Dhani dengan Once Mekel terkait larangan pembawaan lagu Dewa 19 (KUMPARAN)

"Saya umumkan, saya melarang Once untuk menyanyikan lagu Dewa 19," katanya, pada Kamis, 30 Maret 2023.

Alasan Ahmad Dhani tersebut karena ia dan personilnya akan kembali tur di kota-kota Indonesia setelah lebaran nanti.

Mengutip dalam laman TV One News, Ahmad Dhani mengaku tidak mau orang lain yang terlibat dalam tur membawakan lagu-lagu Dewa 19 di luar konser dengan band.

"Sekarang Dewa 19 sedang melakukan tur. Setelah Lebaran setiap minggu ada dua kali, jadi tidak boleh ada konser-konser lain yang mengganggu, yang menggunakan lagu Dewa 19," katanya.

"Saya menjaga kemurnian konser Dewa 19 yang dilangsungkan setelah Lebaran, konser Dewa 19 itu sampai Desember full."

Larangan Ahmad Dhani kepada Once untuk tidak membawa lagu-lagu Dewa 19, disebut juga untuk melindungi hak eksklusif promotor yang menggaet konser Dewa 19 sepanjang 2023.

Selain itu, Ahmad Dhani pernah berbicara tentang Once yang selama ini tidak pernah membayar royalti saat membawakan lagu milik Dewa 19.

Once Mekel Bakal Dipidana

Belum diketahui sampai kapan Ahmad Dhani melarang Once menyanyikan lagu-lagunya yang lain kecuali lagu-lagu Dewa 19. Namun, Once disebut boleh menyanyikan lagu Ahmad Dhani yang lain.

"Kalau lagu Ahmad Dhani yang lain boleh, yang tidak boleh lagu Dewa 19. Lagu saya di T.R.I.A.D, Ahmad Band itu boleh," tambahnya.

Kuasa hukum Ahmad Dhani, Ali Lubis mengatakan akan ada sanksi tegas apabila Once tetap menyanyikan lagu milik Dewa 19.

"Sanksi pidananya 3 tahun, sanksi perdatanya kurang lebih Rp 500 juta," kata Ali.

"Love is Blind" jadi Project Gagal Ahmad Dhani dan Once Mekel

Merembet pada peristiwa di atas, Ahmad Dhani bersama beberapa musisi luar negeri merilis lagu "Love is Blind" yang dibaut dan diproduseri oleh Dewa 19. Namun, lagu tersebut disebut sebagai proyek gagal antara Ahmad Dhani dengan Once Mekel.

Melansir dari Detik, lagu ini awalnya dibuat Ahmad Dhani untuk proyek baru Dewa 19 yang dinyanyikan Once Mekel.

"Ya cerita menariknya sebenarnya itu tadi lagu ini pernah saya tawarkan ke Once, dan Once kurang merespons dengan baik. Ya saya sih maunya ada single baru dengan Once karena lagu ini Once yang nyanyi juga menurut saya bisa jadi bagus," kata Ahmad Dhani.

Ahmad Dhani mengaku saat itu ia tak mendapat respons lebih lanjut dari Once Mekel.

"Ditolak mentah-mentah. (Alasannya) nggak ada, didiemin aja," tegas Ahmad Dhani.

Diketahui, lagu "Love is Blind" juga sudah merilis video musiknya. Pada video itu telah menampilkan semua musisi dunia yang terlibat termasuk Ahmad Dhani dan Andra Ramadhan.

Ahmad Dhani Bingung Bayaran Once Lebih Mahal

Setelah melarang Once Mekel untuk menyanyikan lagu milik Dewa 19, Ahmad Dhani menyebut bayaran Once tidak bisa lebih mahal darinya.

Hal itu terucap saat ia mengatakan tidak menutup kemungkinan untuk tetap mengisi lagu Dewa 19.

"Tergantung EO (event organizer) dong, kalau harganya sesuai ya why not. Masa harganya lebih dari saya (bayarannya)?" kata Ahmad Dhani dalam laman Kompas.

"Lagunya kan lagu saya, terus (dia) minta harga lebih mahal, ya enggak mungkin."

Suami dari Mulan Jameela itu kemudian menyebut jika bayarannya lebih mahal dibandingkan gitaris Dewa 19, Andra Ramadhan.

"Terus terang aja, Andra sama saya bayarannya lebih banyak saya. Karena kan lagunya lagu saya, memang begitu. Lagunya banyakan saya," kata Dhani.

Tegaskan Hubungan Ahmad Dhani dan Once Baik Saja

Walaupun Ahmad Dhani benar-benar menegaskan bahwa Once tidak boleh bernyanyi lagu Dewa 19, Dhani mengatakan persoalan mereka itu tidak merusak pertemanannya.

"Gini loh, saya sama Once itu ribut kan soal bisnis, ya it's only a business. Jadi kalau berteman, ya biasa aja berteman. Enggak ada permasalahan," kata Dhani.

"Kalau bisnis, ya beda lagi. Jadi it's only about business, no hard feeling," lanjutnya.

Ahmad Dhani juga mengaku belum ada komunikasi dengan Once lagi setelah konflik tentang lagu Dewa 19 yang ramai dibincangkan ke publik.

Kawula Muda, itu dia kronologi perseteruan antara Ahmad Dhani dengan Once Mekel terkait larangan pembawaan lagu Dewa 19.

Berita Lainnya