Ketua KONI Respons Soal Kondisi Jalanan GOR yang Viral: Selebgram Bikin Berita Jelek Saja

Anggap aja kritik dan saran pak~

Ketua KONI Sumatera Utara, John Ismadi Lubis, kecewa karena selebgram menyebarkan informasi negatif tentang PON (Tribun Medan/Chandra Simarmata)
Thu, 19 Sep 2024

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara, John Ismadi Lubis, merasa sangat kecewa dengan pemberitaan negatif yang beredar mengenai kondisi venue bola voli PON XXI Aceh-Sumut 2024, khususnya di Kabupaten Deli Serdang. 

Berita tersebut menjadi viral setelah video yang diposting oleh seorang selebgram menunjukkan akses jalan menuju GOR (Gelanggang Olahraga) yang becek, berlumpur, dan penuh genangan air, Kawula Muda.

Selebgram itu mengunggah video ke YouTube "Ngomongin Uang," dan dalam waktu singkat, video tersebut langsung viral di berbagai platform media sosial, dari Instagram, Twitter, sampai TikTok. 

Setalah video tersebut viral, banyak yang prihatin dengan kondisi akses menuju venue voli PON XXI Aceh-Sumut tersebut.

Lingkungan Gor untuk PON 2024 susah untuk di akses oleh para atlet (Kompas.com)

Dalam video yang berdurasi 51 detik tersebut, tampak jelas para atlet voli harus berjalan hati-hati di atas papan kayu dan alas kardus yang disusun seadanya untuk menghindari jalanan berlumpur.

Kondisi becek itu membuat beberapa orang merasa kasihan melihat perjuangan para atlet yang seharusnya fokus untuk bertanding, tapi malah harus berurusan dengan akses jalan yang tidak memadai.

John Ismadi Lubis menilai video tersebut keliru. Ia menyayangkan bahwa unggahan tersebut justru menciptakan citra buruk dan mengabaikan fakta bahwa fasilitas olahraga yang disiapkan sebenarnya sudah mewah dan sesuai dengan standar internasional. 

"Sebenernya saya kecewa jugalah ini kalau para selebgram itu memberitakan yang jeleknya saja. Kalau dilihat dalamnya GOR voli itu sangat mewah. Standarnya sudah internasional, tapi yang ditunjukkan hanya halaman luarnya saja," kata Ismadi di Santika Dyandra Hotel, dikutip Sabtu (14/9/2024).

Ismadi menjelaskan kalau pembangunan sport center belum selesai total, termasuk akses jalannya yang masih dalam tahap pengerjaan. 

Ia menyebut, hujan yang terus-menerus turun belakangan ini jadi salah satu faktor yang bikin proyek tersebut sedikit terhambat. 

Menurut Ismadi, kritik yang muncul terlalu berlebihan dan nggak memperhitungkan proses pembangunan yang masih berjalan. 

Sebagai informasi, GOR voli indoor di Sumut Sports Center, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, memang belum selesai dibangun sepenuhnya. 

Karena kondisi ini, pertandingan voli yang seharusnya dijadwalkan mulai Selasa, 10 September, akhirnya terpaksa diundur jadi Rabu, 11 September. 

Berita Lainnya