Kapal Selam Titanic Dinyatakan Meledak, Seluruh Penumpang Meninggal Dunia

Turut berduka untuk seluruh korban, Kawula Muda

Kapal Selam Titan Wisata Titanic Disebut Meledak dan Seluruh Penumpang Dinyatakan Meninggal Dunia (GETTY IMAGES)
Fri, 23 Jun 2023


Setelah melalui proses pencarian yang panjang setelah hilang kontak usai 1 jam 45 menit menyelam di lepas pantai Kanada, Samudra Atlantik, kapal selam ‘Titan’ wisata bangkai Titanic dinyatakan meledak di bawah laut.

OceanGate, perusahaan yang memimpin misi tersebut mengatakan jika lima orang penumpang di dalam kapal selam dinyatakan telah tewas.

“Ini adalah saat yang sangat menyedihkan bagi seluruh komunitas penjelajah, dan bagi setiap anggota keluarga dari mereka yang hilang di laut,” tulis perusahaan tersebut mengutip USA Today.

Setelah ditemukan puing kapal selam Titan, para penumpang dinyatakan meninggal karena kapal selam Titanic meledak (EYEPRESS via Reuters Connect)

Sebelumnya, puing-puing kapal selam Titan ditemukan berjarak 200 meter dari bangkai kapal Titanic pada Kamis (22/06/2023) lalu. Puing-puing yang ditemukan disebut merupakan puing utama yang menjadi bagian dari kapal selam Titan.

Puing-puing tersebut termasuk kerangka pendaratan dan penutup belakang kapal. Puing-puing itu ditemukan setelah kapal selam diperkirakan kehabisan suplai oksigen.

"Sebuah bidang puing ditemukan di dalam area pencarian oleh ROV di dekat Titanic," tulis Coast Guard

Laksamana Muda John Mauger dari Penjaga Pantai Amerika Serikat mengatakan tidak tahu apakah penjaga pantai akan dapat menemukan lima penumpang kapal Titan yang dinyatakan tewas tersebut.

“Ini adalah lingkungan yang sangat tidak kenal ampun,” ujarnya.

Sama seperti John Mauger, Laksamana Madya Sir James Burnell-Nugent, mantan Komandan-in-Chief Fleet dari Royal Navy menyebut kapal selam yang membawa lima orang penumpang itu meledak karena tekanan di bawah laut yang sangat tinggi.

"Saya pikir secara keseluruhan ini mungkin adalah berita yang buruk dan menunjukkan bahwa Titan mungkin telah meledak di bawah tekanan besar air laut ketika sedang turun," katanya.

Dilansir dari Forbes, suara anomali seperti ledakan sempat terdengar terus-menerus dari sistem rahasia angkatan militer Amerika Serikat yang biasanya digunakan untuk mendeteksi kapal selam musuh. 

Suara tersebut terdengar beberapa jam setelah kapal selam wisata Titanic lepas menyelam pada hari Minggu (18/6/2023) lalu dan dinyatakan suara muncul dari lokasi di mana kapal selam berada ketika komunikasi terputus dengan kapal di permukaan.

Lima penumpang kapal selam Titanic terdiri dari Hamish Harding, pendiri sekaligus bos Action Aviation, perusahaan penerbangan yang bergerak di bidang jual-beli pesawat terbang; pengusaha Inggris asal Pakistan sekaligus keturunan dari salah satu keluarga terkaya di Pakistan, Shahzada Dawood dan anaknya, Suleman Dawood; ahli kapal Titanic dan penjelajah dari Prancis, Paul-Henri Nargeolet; dan Stockton Rush yang merupakan CEO dan pendiri OceanGate dan bertugas sebagai pilot kapal selam.

Berita Lainnya