Kabupaten Bekasi Targetkan Program Bebas dari BAB Sembarangan Tahun ini!

jujur nanya, emang masih ada yang buang air besar sembarangan???

Kabupaten Bekasi Targetkan Tahun Ini untuk Program Bebas dari Buang Air Besar Sembarangan (Bekasikab.go.id)
Wed, 28 Aug 2024

Pemerintah Kabupaten Bekasi menargetkan pelaksanaan program bebas dari buang air besar (BAB) sembarangan pada tahun ini. 

Program ini merupakan bagian dari implementasi aksi nyata program menuju 100 persen wilayah terbebas dari praktik buang air besar sembarangan pada tahun 2024.

Penjabat Bupati Bekasi Dedy Supriyadi, mengatakan bahwa Kabupaten Bekasi menargetkan bebas Open Defecation Free (ODF) atau bebas dari praktik BAB sembarangan di tahun 2024 di seluruh desa dan kelurahan. 

Realisasi program ODF ini sebetulnya sudah kita laksanakan. Di mana wilayah Kabupaten Bekasi terus mengimplementasikan bebas dari praktik buang air besar sembarangan di seluruh penjuru wilayah," kata Dedy, dikutip dari ANTARA, Selasa (28/8/2024).

Dedy mengungkapkan upaya dari pemerintah Kabupaten Bekasi untuk melaksanakan bebas Open Defecation Free (ODF) adalah dengan cara melakukan sosialisasi dan pendidikan kepada masyarakat tentang pentingnya kebersihan yang baik.

Ilustrasi Kabupaten Bekasi targetkan program bebas dari BAB sembarangan tahun ini! (SINDOnews)

Pemerintah Kabupaten Bekasi percaya diri bahwa Kabupaten Bekasi 100 persen bebas dari BAB sembarangan di tahun 2024 ini.

"Untuk tahun 2024 ini kita deklarasikan Kabupaten Bekasi bebas Open Defecation Free hingga 100 persen," ujar Dedy.

Kendati demikian, Pelaksana harian Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Jaoharul Alam mengatakan hingga penghujung tahun 2023 persentase penanganan praktik buang air besar sembarang sudah mencapai 23 persen.

Dedy juga menekankan pentingnya strategi berkelanjutan untuk menjaga pencapaian 100 persen ODF, termasuk perencanaan, advokasi, pelatihan dan inovasi.

Dengan target ambisius ini, Kabupaten Bekasi berharap dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat. 

Program ini diharapkan tidak hanya akan mengurangi angka kasus penyakit yang terkait dengan sanitasi buruk tetapi juga meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Pemerintah Kabupaten Bekasi bertekad untuk bekerja keras agar target ini dapat tercapai sebelum akhir tahun.

Berita Lainnya