JIPFest 2022 Undang Fotografer Penjuru Dunia untuk Pameran di Blok M

Buat Kawula Muda yang suka sama fotografi, nih!

Kawasan Blok M, Jakarta Selatan, lokasi edisi ketiga JIPFest 2022 (JIPFEST)
Fri, 08 Jul 2022

Kawula Muda, Jakarta International Photo Festival (JIPFest) kembali lagi, loh! Kali ini acaranya dilaksanakan di area Blok M, Jakarta Selatan yang digelar pada 9-25 September 2022.

Festival ini akan menghadirkan 15 program fotografi, termasuk pameran foto, diskusi, lokakarya, layar tancap foto, hingga tur street photography.

Tema utama JIPFest 2022, dipilih untuk menyoroti bagaimana manusia atau gagasan bangkit dari keterpurukkan, menemukan momentum, menjaring dukungan, juga menggerakkan perubahan. Tema ini juga dipilih demi merefleksikan semangat zaman, ketika bumi berusaha pulih dari pandemi.

Dua bulan menjelang festival, panitia meluncurkan panggilan terbuka, yaitu undangan bagi para fotografer dan seniman visual dari penjuru dunia untuk mendaftarkan karya fotografi dan multimedia berbasis foto. Karya terpilih akan dipamerkan selama 17 hari di ruang-ruang publik di kawasan Blok M.

Karya yang didaftarkan untuk pameran foto JIPFest 2022 akan diseleksi oleh tim kurator di antaranya Asep Topan, Ayos Purwoaji, dan Ng Swan Ti. Ketiganya berasal dari komunitas berbeda dan diharapkan bisa memperkaya dialog dalam tema Revival.

“Kami menyambut karya-karya fotografi yang mengkritisi, merangkul, membayangkan, memikirkan ulang, dan mengekspos usaha memulihkan dan memperkuat komunitas kita di masa krisis iklim, budaya, dan sosio-ekonomi," kata tim kurator tentang panggilan terbuka pameran foto JIPFest 2022.

JIPFest sudah jadi ajang yang diminati para fotografer di seluruh dunia, Kawula Muda. Pada debutnya di 2019, JIPFest menerima 299 karya dari 31 negara. Di Juni 2021, meningkat jadi 398 karya dari 47 negara.

Lalu, di edisi ketiga ini, panggilan terbuka berlangsung sampai 28 Juli 2022, ya Kawula Muda. Walau lokasi acara berbeda tiap tahunnya, JIPFest berharap dapat menjangkau komunitas yang berbeda, sekaligus mengundang publik internasional untuk mengenal keragaman wilayah di Jakarta.

Di edisi ketiganya, JIPFest terpilih sebagai bagian dari 100 ajang unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia dalam program Kharisma Event Nusantara 2022, sebuah inisiatif yang bertujuan mempromosikan destinasi wisata, meningkatkan kunjungan turis, serta memberdayakan potensi lokal. JIPFest juga didukung oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta.

Kalau mau tahu info lengkap tentang pendaftarannya, bisa kunjungi website mereka di jipfest.com, ya!

Berita Lainnya