Infrastruktur Belum Siap, Jokowi Batal Pindah Kantor ke IKN Juli Ini!

Kira-kira sebelum 17 Agustus sudah rampung belum ya?

Infrastruktur belum siap, Jokowi batal pindah kantor ke IKN Juli ini! (setneg.go.id)
Tue, 09 Jul 2024


Presiden Joko Widodo, atau Jokowi, mengatakan bahwa belum ada rencana untuk memindahkan kantor ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dalam waktu dekat, Kawula Muda.

Hal itu dilakukan karena infrastruktur di IKN yang belum siap.

"Airnya sudah siap, belum? Listriknya sudah siap, belum? Tempatnya sudah siap belum? Kalo siap, pindah, " kata Jokowi usai menyerahkan bantuan kemanusiaan di Lanud Halim Perdanakusuma, dikutip dari KoranTempo pada Selasa (9/7/2024)

Presiden Jokowi telah menerima laporan dari Menteri Pekerjaan Umum, Basuki Hadimuljono, tentang perkembangan pembangunan di IKN.

Berdasarkan laporan tersebut, pembangunan kantor presiden belum sepenuhnya selesai.

Kantor Presiden di IKN (setkab.go.id)

"Sudah menerima laporan dari PUPR, namun belum siap," ujar Jokowi.

Semula, Jokowi berencana untuk memindahkan kantor ke IKN pada Juli 2024. Operasional presiden diharapkan akan berpindah sejalan dengan penyelesaian tahap pertama konstruksi gedung-gedung pemerintah. Pemerintah juga berencana mengadakan upacara 17 Agustus di IKN tahun ini.

Ketua Satgas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Sumadilaga, sebelumnya menyatakan bahwa pembangunan kantor presiden telah mencapai 92 persen.

Satgas menargetkan penyelesaian proyek pada minggu kedua Juli 2024, agar siap digunakan untuk perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus.

Danis juga menyampaikan bahwa pemasangan bilah sayap Garuda telah selesai tiga hari yang lalu. Saat ini, pekerjaan yang sedang dilakukan adalah pemasangan sayap di bagian ujung kanan dan kiri.

"Masalahnya, hujan. Itu kan di ketinggian, ada (potensi) hujan dan petir," "Mudah-mudahan selesai pekan depan, tergantung cuaca." lanjut Danis, dikutip dari KoranTempo, Selasa (9/7/2024)

Selain kantor presiden, Danis menyatakan bahwa proyek yang akan selesai di akhir bulan ini termasuk kawasan Istana, area Sumbu Kebangsaan, Memorial Park, dan Beranda Nusantara.

Gedung lainnya, seperti Sekretariat Presiden dan Kementerian Sekretariat Negara, juga akan sebagian difungsikan.

Prambors News sekarang bisa didengerin di Spotify, Kawula Muda. Lo bisa search Prambors News di Spotify buat bisa dengerin berita dengan konsep yang beda.

Berita Lainnya