IKN Bakal Punya Air Keran yang Bisa Langsung Diminum

Kabarnya air keran yang bisa langsung diminum ini bisa dipake bulan depan, Kawula Muda!

Ilustrasi Air Keran yang bisa langsung diminum di IKN
Tue, 14 May 2024

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dikabarkan bakal punya air keran yang bisa langsung diminum nih, Kawula Muda.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN), Danis Sumadilaga.

"Kualitas air keran di IKN nantinya bisa langsung diminum," ujar Danis Sumadilaga dikutip dari ANTARA, Selasa (14/5/2024).

Danis bahkan mengungkapkan bahwa fasilitas tersebut sudah bisa digunakan di bulan Juni atau Juli tahun ini.

"Insyaallah bulan Juni-Juli itu sudah terdistribusi air langsung minum," ungkap Danis.

Ilustrasi Ibu Kota Nusantara (IKN) (ANTARA/Hafidz Mubarak A)

"Juni-Juli itu mungkin tidak seluruhnya (dialirkan) tapi itu sudah kita tes, kita commissioning kalau itu berfungsi. Jadi masa, nggak ada air di gedung, ada lah," tambahnya.

Selain air keran yang bisa langsung diminum, Danis juga menyebutkan, listrik sudah bisa digunakan pada bangunan di IKN pada bulan Juni atau Juli 2024.

"(Listrik dan air) Insyaallah itu termasuk yang kita upayakan hadir di bulan Juni-Juli 2024. Tap water (air keran) sudah bisa diminum," jelasnya.

Lebih lanjut, Danis mengatakan air bersih yang disalurkan ke keran-keran air di IKN diproses dengan instalasi pengolahan air, kemudian disalurkan ke IKN melalui jaringan pipa yang dilengkapi teknologi foodgrade.

"Ini kan airnya harus diproses dengan instalasi pengolahan air, terus dipompa dikirim ke IKN. Pipanya itu ada lapisan di dalamnya, namanya (lapisan) food grade. Jadi air yang lewat situ dijamin tidak akan terkontaminasi oleh pipa. Karena pipa itu dilapisi bahasa sederhananya dilapisi beton, lapisan semen, yang menjamin kualitas airnya," paparnya.

Sebagai informasi, sumber air untuk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara berasal dari Bendungan Sepaku Semoi dan intake dari Sungai Sepaku. Air yang mengalir dari sumber tersebut memiliki kualitas air minum, sehingga bisa langsung diminum.

Berita Lainnya