IKN akan Bangun Tol Bawah Laut Pertama di RI, Butuh Dana Rp 11 Triliun!

Gimana pendapat lo, Kawula Muda?

Pemerintah akan bangun tol bawah laut di IKN (kompas.com/Hilda B Alexander)
Thu, 08 Aug 2024


Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan memiliki tol bawah laut pertama di Indonesia, Kawula Muda!

Direktur Pembangunan Jalan, Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian PUPR, Wida Nurfaida, menyatakan bahwa pembangunan terowongan tol bawah laut atau immersed tunnel di IKN akan menelan biaya sekitar Rp 11 triliun.

"Biaya yang kami perkirakan untuk menyelesaikan immersed tunnel adalah sekitar Rp 11 triliun atau setara dengan US$682 juta," ucap Wida dalam presentasinya di acara Indonesia-Korea Technical Exchange Seminar 2024, yang berlangsung di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (07/08/2024).

Rencana pembangunan immersed tunnel ini akan melibatkan kerja sama dengan pemerintah Korea Selatan.

Tol bawah laut tersebut merupakan bagian dari jalan tol akses IKN yang akan menghubungkan Balikpapan dengan ibu kota baru Nusantara. 

ilustrasi tol bawah laut yang direncanakan akan dibangun di IKN (istimewa)

Jalan tol akses IKN ini akan membentang sepanjang 47 kilometer, yang dirancang untuk mempercepat waktu perjalanan dari Bandara Sepinggan di Balikpapan ke IKN menjadi sekitar 30 menit.

Pembangunan ini akan menjadi peningkatan besar dalam infrastruktur transportasi, mengurangi waktu tempuh, dan meningkatkan konektivitas antara kota-kota utama di Kalimantan Timur.

Lebih lanjut, rencana pembangunan tol bawah laut ini masuk dalam segmen 4A dan 4B dari jaringan jalan tol di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, yang saat ini masih dalam tahap perencanaan dan belum dikerjakan oleh pemerintah Indonesia.

Secara keseluruhan, total panjang tol akses menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) adalah 88,54 kilometer. Dari panjang tersebut, 67,65 kilometer sudah selesai dibangun.

Saat ini, pendanaan proyek ini berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Namun, ada kemungkinan ke depannya akan menggunakan skema kerja sama antara pemerintah dan badan usaha (KPBU). 

IKN sendiri merupakan mega proyek pemerintah yang masih berjalan hingga saat ini, Kawula Muda.

Berbagai macam terobosan coba dibuat pemerintah untuk Ibu Kota baru Indonesia ini, sebut saja wacana taksi terbang, air keran yang bisa langsung diminum, hingga tiang listrik yang bisa menjawab arah.

Prambors News sekarang bisa didengerin di Spotify, Kawula Muda. Lo bisa search Prambors News di Spotify buat bisa dengerin berita dengan konsep yang beda.

Berita Lainnya