HIPPINDO Gelar Musyawarah Nasional II Hadirkan Bincang HIPPINDO Bersama Tim Ekonomi Paslon 2024

Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) sukses menggelar acara Musyawarah Nasional (Munas) II HIPPINDO.

Musyawarah Nasional II HIPPINDO
Fri, 19 Jan 2024

Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) sukses menggelar acara Musyawarah Nasional (Munas) II HIPPINDO.

Dalam Munas tersebut, Budihardjo Iduansjah kembali terpilih sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia Masa Bakti 2024 – 2026.

Dalam Pembukaan Munas II HIPPINDO, Menko Airlangga menyampaikan, bahwa dalam pengembangan ritel, harus mempelajari kebijakan dari negara lain, seperti Singapura dan Thailand.

“Dalam pengembangan ritel, kita harus mempelajari kebijakan negara lain, apakah itu tetangga kita Singapura maupun Thailand, itu menjadi benchmark bagaimana wisata belanja itu bisa digunakan sebagai driver ataupun sebagai pengungkit untuk mendatangkan wisatawan mancanegara,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Menko Airlangga juga mengatakan bahwa sektor swasta sebagai tulang punggung ekonomi nasional harus berperan aktif dalam berinvestasi dan berinovasi menciptakan konsep baru dalam memenuhi kebutuhan dan gaya hidup konsumen saat ini.

“Dan tentu ritel ini menjadi hilirisasi daripada produk-produk nasional dan juga ritel ini menjadi salah satu masukan untuk pertumbuhan ekonomi. Nah, ini yang harus kita persiapkan,” pungkas Menko Airlangga.

Menutup sambutannya, Menko Airlangga menyampaikan selamat atas terselenggaranya Musyawarah Nasional HIPPINDO.

Melalui Munas tersebut diharapkan adanya langkah-langkah strategis HIPPINDO dalam meningkatkan kinerja dan berkontribusi untuk menumbuhkan perekonomian nasional.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan (Zulhas), turut serta mengucapkan selamat atas terselenggaranya Munas tahun ini.

“Mengucapkan selamat atas terselenggaranya Musyawarah Nasional ke-2 HIPPINDO. Semoga program-program yang direncanakan ke depan, dapat berjalan dengan baik dan lancar. Selain sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi, HIPPINDO juga diharapkan dapat turut menciptakan lapangan kerja dan mendorong inovasi,” ujar Zulhas.

Selain itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan pertumbuhan ekonomi nasional.

“Di tengah disrupsi lingkungan Global di sepanjang 2023, ekonomi nasional secara kumulatif mampu tumbuh sebesar 5 setengah persen lebih atau 5,05% dan akan daya tahan dan kinerja perekonomian Indonesia yang semakin baik, menjadi pondasi bagi pertumbuhan ekonomi di tahun ini, tahun 2024, di mana APBN 2024 menargetkan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,2%. Industri makanan dan minuman menjadi industri dengan pertumbuhan terbesar ke-4 yang tumbuh positif, menyumbangkan 210 triliun rupiah pada PDB nasional di 2023,” tuturnya.

Lebih lanjut, Sandiaga juga menyampaikan bahwa pemerintah senantiasa mendorong peningkatan daya beli masyarakat.

“Hal ini sesuai dengan survei di mana lebih dari 60% wisatawan akan mencari kuliner dan di atas 50% ingin melakukan wisata belanja. Pemerintah senantiasa mendorong peningkatan daya beli masyarakat untuk menciptakan geliat aktivitas ekonomi. Kami berharap dengan penyusunan roadmap retail agar memaksimalkan peranan retail dalam membantu pemerintah untuk program wisata belanja dapat memberikan langkah strategis yang inovatif, untuk keberlanjutan industri pariwisata di Indonesia”, tambah Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Musyawarah Nasional II HIPPINDO

Menteri Koperasi Teten Masduki yang diwakili oleh  Herbert H.O. Siagian, Staf Ahli Menteri Bidang Produktivitas Dan Daya Saing Kementerian Koperasi dan UKM dalam sambutannya menyampaikan, penguatan kemitraan antara ritel dan UMKM agar memperhatikan peningkatan kualitas.

“Saya berharap, penguatan kemitraan antara ritel dan UMKM memperhatikan pentingnya peningkatan kualitas dan daya saingnya seperti dukungan dalam aspek branding, kemasan, dan manajemen pemasaran. Hal ini esensial untuk memperluas jangkauan pasar UMKM. Dalam konteks ini, adaptasi dengan perkembangan teknologi, khususnya kecerdasan buatan (AI), menjadi semakin penting,” ujar Teten.

Lebih lanjut, Teten juga menyebutkan bahwa perkembangan AI dalam sektor ritel dapat membuka peluang bagi UMKM.

“Perkembangan AI dalam sektor ritel tidak hanya merevolusi interaksi konsumen tetapi juga membuka peluang bagi UMKM untuk memperluas jangkauan mereka. Pengadopsian teknologi ini oleh UMKM dapat meningkatkan efisiensi dan kompetitif mereka di pasar. Penggunaan AI dalam analisis data pelanggan dan manajemen efisien ruang toko membuka jalan untuk optimalisasi operasional di ritel. Hal ini memberikan model yang dapat diikuti UMKM untuk meningkatkan efisiensi dan meningkatkan daya saing mereka dalam ekonomi digital”, lanjutnya.

Terakhir, Teten Masduki berharap kebijakan-kebijakan yang diputuskan di forum ini mendapat dukungan penuh dari semua anggota.

“Menutup sambutan ini, saya ucapkan selamat menyelenggarakan Munas ke-II HIPPINDO. Saya berharap kebijakan-kebijakan yang diputuskan di forum ini mendapat dukungan penuh dari semua anggota, dan memberikan dorongan yang signifikan pada peningkatan daya saing UMKM. Dengan optimisme, semoga Munas ini mampu merumuskan peta jalan yang komprehensif dan strategis, untuk pengembangan bisnis ritel serta aktif mendorong pertumbuhan dan kemajuan UMKM Indonesia,” pungkasnya.

Yukki N. Hanafi, Plh Ketua Umum Kadin Indonesia dan Shinta W. Kamdani, Ketua Umum APINDO juga turut hadir memberikan sambutan dan memotong pita sebagai prosesi simbolis pembukaan Munas II HIPPINDO. 

Setelah pembukaan Munas II HIPPINDO dilanjutkan dengan acara Munas dimana secara Aklamasi Munas II HIPPINDO kembali memilih Budihardjo Iduansjah sebagai Ketua Umum HIPPINDO Masa Bakti 2024 – 2026. 

Rangkaian acara Munas II HIPPINDO diakhiri dengan Bincang HIPPINDO Bersama Tim Ekonomi Paslon 2024 yang menampilkan narasumber dengan topik mengenai sektor ritel dan ekosistemnya yaitu: 

1. Wijayanto Samirin, Sekretaris Dewan Pakar Tim Nasional Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

2. Bobby Gafur Umar, Wakil Bendahara Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming.

3. Hotasi Nababan, Wakil Sekretaris Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.


Budihardjo Iduansjah, selaku Ketua Umum HIPPINDO menyampaikan, bahwa terpilihnya ia sebagai ketua akan menyiapkan kaderisasi penerus.

”Sebagai Ketua Umum Masa Bakti 2024 – 2026 akan segera membentuk pengurus baru yang nantinya akan dibantu Tim Formatur dan juga secara khusus akan menyiapkan kaderisasi penerus. Ini jabatan saya sebagai Ketua Umum yang terakhir, jadi pada saat saya sudah selesai sudah ada kadernya untuk melanjutkan kepemimpinan di HIPPINDO,” ucapnya.

“Selanjutnya setelah terbentuk kepengurusan baru kami segera membuat rapat pleno untuk membuat program kerja untuk mengatasi tantangan ke depan sektor ritel,” imbuhnya.

Tak lupa, Budihardjo juga mengucapkan terima kasih atas suksesnya acara Munas II HIPPINDO.

“Saya mengucapkan terima kasih atas suksesnya serangkaian acara Munas II HIPPINDO kepada pihak pemerintah, asosiasi ritel dan ekosistemnya, dan tidak lupa kepada seluruh anggota HIPPINDO, pungkas Budihardjo.

Berita Lainnya