Hal yang Perlu Diketahui dari Debat Cawapres yang akan Digelar 22 Desember 2023

Jangan sampai terlewat debatnya, Kawula Muda

Desain Surat Suara Pemilu Capres Cawapres 2024 (KPU)
Wed, 20 Dec 2023


Debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) pertama sudah resmi ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan berlangsung pada Jumat, 22 Desember 2023.

Hasyim Asy’ari selaku ketua KPU memastikan debat cawapres akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) berbeda dengan venue debat Capres sebelumnya yang digelar di kantor KPU.

Debat akan diikuti oleh tiga orang cawapres, yakni cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD. 

"Jadi pada debat yang kedua nanti, itu akan dilaksanakan kampanye debat cawapres ya. Diselenggarakan pada 22 Desember 2023. Dan debat akan dimulai on air jam 19.00 WIB," ujar Hasyim di Kantor KPU RI, Jl Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, dilansir dari Kompas (20/12/2023).

Hasyim memastikan, format debat cawapres akan sama dengan yang sudah dilakukan di debat capres pada 12 Desember 2023 lalu, yang mana terdapat enam segmen yang mana segmen pertama berisi penyampaian visi, misi, program kerja oleh masing-masing cawapres. 

Lalu segmen dua dan ketiga para cawapres bisa menjawab pertanyaan yang sudah diajukan oleh tim panelis. 

Segmen empat dan lima dilanjutkan dengan masing-masing cawapres mengajukan pertanyaan kepada lawan dan berhak untuk menjawab serta menanggapi. 

Kemudian di segmen terakhir, akan tersedia waktu untuk masing-masing cawapres menyatakan closing statement mereka masing-masing.

Sedangkan untuk debat cawapres yang akan dilaksanakan Jumat mendatang, akan membahas tentang enam topik yakni ekonomi (rakyat dan digital), keuangan, pajak dan tata kelola APBN-APBD, investasi, perdangangan, infrastrukutr dan perkotaan.

Alfito Deannova selaku Pimpinan Redaksi dari Detik.com bersama dengan Liviana Cherlisa selaku Produser & News Anchor dari KompasTV akan memandu debat cawapres yang berlangsung Jumat (22/12/2023) ini.

Selain itu, akan ada hal yang berbeda dalam debat cawapres dibandingkan dengan debat capres.

KPU menyatakan akan menyediakan podium di debat cawapres, setelah sebelumnya pada debat capres, para calon berdiri di tengah tanpa ada podium atau pembatas sekalipun.

"Dalam debat nanti kedua dan seterusnya masing-masing sampai kelima, itu disiapkan podium sederhana sebagai sarana untuk tampil dari masing-masing calon presiden maupun calon wakil presiden dalam debat-debat seterusnya, kedua, ketiga, keempat dan kelima," jelas Hasyim Asy’ari.

Acara debat cawapres akan berlangsung selama 150 menit, dengan 120 menit untuk debat dan sisanya adalah segmen iklan. 

Berkaca dari debat sebelumnya, selain disiarkan di kanal televisi nasional, debat cawapres juga tersedia dalam video live streaming melalui akun KPU. 

Berita Lainnya