Orang Kaya di Indonesia Diprediksi Akan Bertambah 32% di Tahun 2028!

Semoga kita masuk dalam 32 persen itu ya, Kawula Muda

Orang Kaya di Indonesia dikatakan akan bertambah di tahun 2028 (ThinkStockPhoto)
Thu, 10 Oct 2024

Jumlah orang kaya di Indonesia diprediksi akan melonjak 32% pada tahun 2028, Kawula Muda! 

Berdasarkan laporan UBS berjudul Global Wealth Report 2024, kekayaan per orang dewasa di Indonesia diproyeksikan akan terus meningkat selama empat tahun ke depan.

Laporan ini juga memprediksi bahwa pada tahun 2028, 50% penduduk global akan memiliki kekayaan lebih dari US$1 juta atau setara Rp15,4 miliar. 

Kondisi ini tidak hanya terjadi di negara-negara besar tetapi juga mencakup 52 dari 56 negara yang dieksplorasi, termasuk Indonesia.

Dalam daftar kenaikan jumlah orang terkaya di 2028, Indonesia menempati peringkat ke-4 dengan proyeksi pertumbuhan hingga 235,1 ribu penduduk. 

Ini adalah peningkatan signifikan, sekitar 32% dibandingkan 178,6 ribu pada 2023. 


Bahkan, pertumbuhan ini melampaui negara-negara Asia Tenggara lainnya, menjadikan Indonesia salah satu negara dengan peningkatan jumlah orang kaya tercepat di kawasan. 

UBS menyebutkan bahwa pertumbuhan jumlah orang kaya di berbagai negara tak lepas dari perkembangan pasar keuangan yang terus menunjukkan tren positif. 

Stabilitas ekonomi global yang sudah terjadi dalam beberapa tahun terakhir diharapkan tetap berlanjut di masa mendatang, menjadi faktor penting dalam peningkatan kekayaan individu. 

Kondisi ini memungkinkan semakin banyak orang memasuki kategori "orang kaya" di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Sementara itu, tren sebaliknya justru terjadi di negara-negara seperti Belanda dan Inggris. Di Belanda, jumlah orang kaya diprediksi menurun sebesar 4%, sedangkan di Inggris, penurunan ini lebih tajam hingga 17%. 

Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kondisi ekonomi domestik yang lebih menantang serta dampak dari ketidakpastian geopolitik dan pasar keuangan di kedua negara tersebut.

Sebagai informasi tambahan, UBS adalah perusahaan jasa keuangan global yang beroperasi di lebih dari 50 negara dan memiliki reputasi sebagai salah satu institusi keuangan terbesar di dunia. 

Setiap tahunnya, UBS merilis laporan mengenai kondisi ekonomi global, termasuk laporan kekayaan dunia. 

Semoga kita bisa jadi salah satu golongan orang itu ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya