Go International! Film "Sara" akan Premiere di Busan International Film Festival 2023

Membanggakan banget ya, Kawula Muda?

Press Conference Film SARA (ISTIMEWA)
Thu, 05 Oct 2023

Bosan Berisik Lab, Ruang Basbeth Bercerita, dan Visionari Capital Film Fund mengumumkan bahwa premiere film Sara akan digelar di Busan International Film Festival 2023

Premiere tersebut akan ditayangkan dalam dua program; Special Program in Focus: Renaissance of Indonesian Cinema dan A Window on Asian Cinema.

Film Sara menceritakan perjalanan seorang wanita transpuan berusia 35 tahun yang harus kembali ke desanya setelah mendengar kabar pemakaman ayahnya. Di sana, ia menemukan bahwa ibunya telah kehilangan ingatan tentangnya sebagai seorang putra, akibat dari trauma kehilangan suaminya.

Mencoba dengan berbagai cara untuk mengembalikan ingatan ibunya, Sara akhirnya memutuskan untuk menjalani peran yang paling ia benci, yakni menjadi ayahnya sendiri, sang alasan di balik perpisahan keluarganya selama ini.

Sutradara sekaligus penulis Sara, Ismail Basbeth, menyatakan bahwa identitas Sara tidak hanya dipengaruhi oleh ingatan baik dan buruk, tetapi juga buruk dan traumatis.

“Keduanya (ingatan) adalah bagian dari peristiwa kehidupan yang membentuk manusia bernama Sara; yang berusaha menghidupi cerita yang dibuatnya sendiri, sesuai dengan keyakinan dan pemahamannya atas tubuhnya sendiri, atas identitasnya sendiri,” ujar Ismail.

Lewat film ini, Ismail ingin mengajak penonton untuk merasakan luka-luka yang dialami Sara. Ia berharap bahwa Sara dapat bertemu dengan penonton yang bisa menyambutnya dengan hangat.

Produser dari film Sara, Charlie Meliala, juga berharap penayangan di Busan International Film Festival 2023 bisa menjadi wadah bagi Sara agar semakin dikenal di penonton kancah internasional.

“Pemutaran ini menjadi hal baik untuk memperkenalkan film ini ke para pelaku film profesional tersebut,” ungkap Charlie.

Film ini dibintangi oleh aktris kenamaan seperti Asha Smara Darra (Sara), Christine Hakim (Muryem), Mian Tiara (Ayu), Jajang C. Noer (Saidah) dan Landung Simatupang (Ustad Said).

Sara bukanlah film yang bisa diceritakan secara sendirian. Ismail Basbeth menyatukan sejumlah talenta hebat, termasuk perempuan, ibu, bapak, serta aktor dan aktris lain yang mampu membawa dimensi keluarga dan persahabatan yang tulus dan nyata ke dalam film ini. 

Filmmaker yang terlibat di film ini pun siap menantikan dengan penuh antusias untuk melihat bagaimana Sara akan diterima oleh dunia.

Berita Lainnya