Gibran Rakabuming Uji Coba Makan Siang Gratis Rp14.900 per Porsi, Apa Saja Menunya?

Udah cukup bergizi ya dari menunya, Kawula Muda!

Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming saat memberikan keterangan setelah melakukan uji coba makan siang gratis (MPI/Putra Ramadhani)
Wed, 24 Jul 2024


Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming, melaksanakan uji coba penyediaan makan siang gratis di SD Negeri 2 dan 3 Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kawula Muda.

Dalam uji coba pemberian makanan siang gratis ini, setiap kotak makanan yang disediakan berharga Rp14.900. Isi menunya antara lain nasi, lauk-pauk, ayam, sayuran, pisang, dan susu.

Gibran langsung membagikan makanan bergizi gratis di dalam kelas. Kemudian, para siswa-siswi bersama-sama menikmati makanan tersebut.

"Untuk menu hari ini ya costnya itu Rp14.900," ungkap Gibran di lokasi. 

Dikutip dari detik.com pada Selasa (24/7/2024), Gibran menegaskan bahwa anggaran per menu tidak akan dikurangi menjadi Rp7.500. Dia menyatakan bahwa menu di setiap daerah mungkin berbeda.

Momen Gibran tengah melakukan uji coba makan siang gratis di Bogor (Antara Foto/Yulius Satria Wijaya)

"Tapi intinya adalah tidak mungkin harganya dikurangi sampai Rp 7.500 ya. Jadi tiap daerah mungkin menunya beda, cara distribusinya beda, cara masaknya beda. Tidak masalah. Yang penting anggaran yang sudah ada itu ter-deliver ke anak-anak," ucapnya.

Dia juga menegaskan bahwa anggaran untuk program makan siang gratis bagi anak-anak Indonesia haruslah cukup.

"Jadi, untuk anak-anak kita, untuk para generasi penerus, kita tidak boleh pelit. Jadi hari ini Rp 14.900," sebutnya.

Dalam uji coba program makanan siang gratis ini, Gibran mengungkapkan keinginannya untuk menerima masukan dari siswa, orang tua, guru, komite sekolah, dan ahli gizi.

“Nanti kita ingin dapat masukan dari anak-anak, murid-murid, orang tua murid, guru-guru, komite, siapa pun, ahli gizi juga silakan,” kata Gibran.

“Jadi nanti kalau ada yang kurang, ada yang perlu dievaluasi akan segera kita follow up.”

Sebelumnya, sempat beredar kabar anggaran program makan siang gratis untuk anak sekolah yang sebelumnya sebesar Rp15.000 dipangkas menjadi Rp7.500 per anak, Kawula Muda.

Kabar pemotongan anggaran tersebut mulanya disampaikan ekonom Verdhana Sekuritas, Heriyanto Irawan. Heriyanto mengklaim diajak berdiskusi dengan tim Prabowo mengenai makan bergizi gratis dan diizinkan membagikan hasil diskusinya itu ke publik.

"Mungkin 2-3 minggu lalu ada press conference di mana Bu Sri Mulyani dan Mas Tommy (Thomas Djiwandono) juga mengatakan tentang program makan siang itu biaya berapa. Yang mau saya sharing itu, angka itu memang dibahas dengan Pak Prabowo yang dikomunikasikan ke saya," ujar Heriyanto dalam forum Market Outlook 2024 disiarkan di YouTube, Rabu (17/7/2024).

Berita Lainnya