Gibran Rakabuming Bantah Isu Anggaran Makan Bergizi Gratis Jadi Rp7.500/Porsi

Jadi belum ada kepastian pemotongan nih ya, Kawula Muda

Gibran bantah anggaran makan bergizi gratis jadi Rp7.500 per anak (KOMPAS.com/Labib Zamani)
Fri, 19 Jul 2024

Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, menyangkal rumor tentang pemotongan anggaran program makan bergizi gratis, Kawula Muda.

Sebelumnya, beredar kabar anggaran makan bergizi gratis untuk anak sekolah yang sebelumnya sebesar Rp15.000 dipangkas menjadi Rp7.500 per anak.

Menanggapi hal tersebut, Gibran membantah adanya pemotongan anggaran yang sudah disepakati sebelumnya, ia kemudian meminta publik untuk menunggu kepastian terlebih dahulu.

"Kata siapa, tunggu kepastiannya dulu," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, dilansir dari ANTARA, Jumat (19/7/2024).

Dia juga meminta agar media massa tidak memberitakan hal-hal yang belum pasti.

"Ditunggu dulu, jangan memberitakan hal-hal yang belum pasti," ucap Gibran.

Resmi! Prabowo-Gibran jadi Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029 (Rifkianto Nugroho/Detikcom)

Kabar pemotongan anggaran tersebut mulanya disampaikan ekonom Verdhana Sekuritas, Heriyanto Irawan. Heriyanto mengklaim diajak berdiskusi dengan tim Prabowo mengenai makan bergizi gratis dan diizinkan membagikan hasil diskusinya itu ke publik.

"Mungkin 2-3 minggu lalu ada press conference di mana Bu Sri Mulyani dan Mas Tommy (Thomas Djiwandono) juga mengatakan tentang program makan siang itu biaya berapa. Yang mau saya sharing itu, angka itu memang dibahas dengan Pak Prabowo yang dikomunikasikan ke saya," ujar Heriyanto dalam forum Market Outlook 2024 disiarkan di YouTube, Rabu (17/7/2024).

Gibran mengonfirmasi bahwa anggaran untuk program makan bergizi gratis masih berkisar Rp15.000 per porsi. Menurutnya, menu tersebut telah diuji coba di beberapa lokasi.

"Termasuk Solo hari Senin ada uji coba makan siang gratis. Nanti saya ajak ya," kata Gibran.

Gibran menyatakan bahwa pihaknya telah melibatkan beberapa ahli gizi untuk menentukan anggaran makan bergizi gratis. Namun, ia juga menegaskan bahwa pihaknya akan terbuka terhadap saran dari para orang tua, siswa, dan guru mengenai program ini.

"Kalau ada masukan monggo disampaikan ke kami. Nanti saya ajak uji coba ya," kata Girbran Rakabuming Raka.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengaku makan bergizi gratis melibatkan banyak ahli gizi. Makan bergizi gratis itu, kata Gibran, idealnya dianggarkan Rp 15 ribu per porsi.

Berita Lainnya