Fenomena Super Blue Moon Muncul 30-31 Agustus, Begini Cara Lihat di Indonesia

Disebut sebagai bulan yang paling besar di tahun ini.

Fenomena Super Blue Moon yang terjadi di langit pada 30-31 Agustus (HINDUSTIAN TIMES)
Wed, 30 Aug 2023

Fenomena Super Blue Moon akan menghiasi langit pada 30-31 Agustus 2023. Kejadian ini bisa disaksikan secara mata langsung atau tanpa memakai alat.

Super Blue Moon akan menjadi bulan yang paling terang sepanjang 2023, seperti yang dilansir dari Live Science, Rabu (30/08/2023).

Peristiwa Super Blue Moon adalah di mana Bulan bergerak mengelilingi Bumi dalam orbit elips, atau lingkaran memanjang, dengan Bumi dekat ke salah satu sisi elips.

Saat Bulan berada pada atau mendekati titik terdekatnya dengan Bumi pada saat purnama, hal itu disebut dengan Super Moon. Peristiwa ini karena jarak bulan purnama lebih sedikit dengan Bumi dibandingkan biasanya, maka bulan akan terlihat sangat besar dan terang di langit.

Menurut Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA), ada dua jenis Blue Moon dalam dunia astronomi, antara lain kalender Blue Moon bulanan dan Blue Moon musiman. Yang terakhir menggambarkan bulan purnama ketiga dari empat bulan dalam satu musim astronomi. Artinya, satu tahun kalender memiliki 13 bulan purnama, bukan 12 bulan purnama seperti biasanya.

Mengingat sebutan untuk bulan ini adalah "blue" atau biru, Blue Moon cuma istilah yang digunakan untuk bulan purnama kedua di dalam bulan yang sama. Warna dalam bulan ini normal pada umumnya bulan purnama.

Perlu diketahui, tidak semua bulan purnama adalah Super Moon. Namun, bulan purnama yang terjadi pada awal Agustus lalu adalah Super Moon, kemudian di akhir bulan ini disebut Super Blue Moon.

Cara Melihat Super Blue Moon

Seperti dalam Liputan6, Super Blue Moon muncul berdasarkan jam tiap daerah. Di Indonesia sendiri, Super Blue Moon terjadi pada 31 Agustus.

- 31 Agustus 2023 - 20.35 WIB

- 31 Agustus 2023 - 21.35 WITA

- 31 Agustus 2023 - 22.35 WIT

Sementara itu, untuk mendapatkan pemandangan bulan yang bagus, para ahli merekomendasikan untuk menghindari kota-kota besar dan menuju daerah dengan langit cerah.

Lo juga bisa mematikan lampu di rumah untuk dapat meningkatkan visibilitas, meskipun peluang sangat bergantung pada cuaca dan bahkan polusi.

Dalam Daily Mail, ahli mengatakan cara untuk melihat bulan purnama, dengan melihat ke timur setelah matahari terbenam. Jika langitnya jelas, akan dapat melihat fenomena itu.

"Bulan sangat terang sehingga kita dapat melihatnya saat tidak terlalu gelap atau bahkan saat cuaca tidak terlalu cerah. Itu akan terlihat sepanjang malam dan terbenam di barat sekitar matahari terbit," ucap dia.

Menggunakan alat bantu untuk melihat Super Blue Moon lebih dianjurkan, nih Kawula Muda. Staf peneliti Observatorium Bosscha, Bandung, Agus Triono PJI menyarankan untuk melihatnya di lokasi gelap dengan alat kamera, binokular atau teleskop kecil.

Lo juga menyaksikan secara live streaming Super Blue Moon dalam kanal YouTube The Virtual Telescope Project.

Selamat menyaksikan, Kawula Muda!

Berita Lainnya