Depok Dapat Penghargaan Kota dengan Transportasi Teraman dan Ternyaman. Apa Alasannya?

Kawula Muda, pastinya kalo main ke depok makin aman dongg!

Ilustrasi jalanan di Jalan Raya Margonda, Kota Depok, yang baru saja penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) 2024 dari Kementerian Perhubungan. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Wed, 11 Sep 2024

Kawula Muda, ada kabar gembira buat warga Depok nih!

Kota yang terkenal dengan sebutan "Kota Belimbing" ini baru saja meraih penghargaan WTN 2024 pada acara Hub Space 2024 di Ballroom JIExpo Kemayoran, Convention Center & Theatre Area, Jakarta pada Sabtu (7/9/24).

Penghargaan bergengsi ini diberikan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sebagai bentuk pengakuan atas konsistensinya dalam penataan transportasi yang berfokus pada peningkatan keamanan, kenyamanan dan kelancaran lalu lintas.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Zamrowi, mengatakan bahawa ini merupakan penghargaan bagi kabupaten atau kota yang mampu mengelola sistem transportasi yang aman dan terintegrasi.

"Ini merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah pusat untuk kabupaten atau kota yang mampu mengelola sistem transportasi yang aman dan terintegrasi. Yang dinilai adalah jaringan jalan mulai dari jalan kabupaten, kota, provinsi, hingga nasional," ujar Zamrowi dilihat di situs resmi pemberitaan Pemkot Depok, Rabu (11/9/2024).

Wali Kota Depok, Mohammad Idris (enam dari kanan) bersama Kapolres Metro Depok, Kombes Pol Arya Perdana (lima dari kanan) dan Kepala Dishub Depok, Zamrowi (empat dari kiri) bersama jajaran Dishub Kota Depok setelah menerima penghargaan WTN 2024 pada acara Hub Space 2024 di Ballroom JIExpo Kemayoran, Convention Center & Theatre Area, Jakarta, Sabtu (07/09/24). (Foto: dok. Humas Depok)

Zamrowi juga menambahkan bahwa Kota Depok terus berupaya meningkatkan kualitas transportasi publik. Kerja sama dengan pemerintah pusat, provinsi, dan dinas lain seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Komunikasi dan Informatika menjadi kunci dalam mewujudkan hal ini.

Zamrowi juga menyebutkan beberapa jalan yang menjadi objek penilaian, yakni Jalan M. Yasin, Jalan Margonda, Jalan Ir. H. Juanda dan Jalan Arif Rahman Hakim.

"Di sepanjang jalan tersebut, terdapat kolaborasi antara pemerintah pusat, provinsi, dan kota. Contohnya, meski jalannya jalan nasional, trotoar tetap dibangun oleh Pemkot Depok," kata Zamrowi dikutip dari Antara, Selasa (10/9).

Terkait transportasi publik, menurut Zamrowi Depok memiliki Bus Trans Depok yang diminati banyak orang. Dalam situs tersebut disebutkan Bus Trans Depok menjadi transportasi yang paling banyak diminati oleh masyarakat, dengan jumlah penumpang harian mencapai 5.300 hingga 5.500 orang.

"Ini membuktikan bahwa trayek yang dipilih sangat tepat, dengan load factor yang mencapai 130 persen," jelas Zamrowi.

Rupanya penghargaan ini gak cuma diberikan kepada Kota Depok, Kawula Muda. 

Dilihat di situs Kementerian Perhubungan, ternyata daerah yang mendapat penghargaan WTN ini ada puluhan daerah. Khusus Pemkot/Pemkab ada 61 daerah.

Pemerintah Provinsi yang menerima Piala Wahana Tata Nugraha Wiratama adalah sebagai berikut: Pemprov Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Bali, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Riau, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Sumatera Utara, Yogyakarta, Jambi, Aceh, Bangka Belitung, dan Lampung. Sementara Piala Wahana Tata Nugraha diberikan kepada 61 Pemerintah Kota/Kabupten dan Sertifikat Wahana Tata Nugraha kepada 100 Pemerintah Kota/Kabupaten.

Menurut keterangan Ditjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kemenhub, penghargaan itu diberikan sebagai apresiasi dan bertujuan untuk memacu daerah melakukan perbaikan dalam bidang transportasi.

"Wahana Tata Nugraha ini adalah penilaian akan sebuah transportasi perkotaan yang baik dan terintegrasi, sehingga kementerian perhubungan berharap dengan adanya penghargaan ini dapat memacu kota/kabupaten agar berbenah diri terhadap wilayahnya," tulis keterangan tersebut seperti dikutip dari Kumparan, Rabu (11/9/2024).

Berita Lainnya