Debat Capres 2024 Digelar Malam ini, Berikut Link Streamingnya

Jangan lupa nonton ya Kawula Muda

Momen debat Capres pertama (BBC Indonesia)
Sun, 07 Jan 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menggelar debat ketiga Pilpres 2024 pada malam ini, Minggu (07/01/2024), atau tepatnya pukul 19.00 WIB.

Seperti debat sebelumnya, terdapat tiga calon presiden (Capres) yang akan tampil dalam debat yakni capres nomor urut 1, Anies Baswedan, kemudian capres nomor urut 2, Prabowo Subianto serta capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo.

Untuk tema debat kali ini sendiri akan membahas soal Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

Sebelumnya untuk debat pertama Capres sukses dilaksanakan pada Selasa (12/12/2023) sedangkan untuk debat Cawapres dilaksanakan pada Jumat (22/12/2023) lalu.

Buat lo yang mau nonton debat Capres ketiga ini, bisa disaksikan di kanal YouTube KPU RI, Kawula Muda.

Debat Capres Pertama

Tangkapan Layar Debat Perdana Capres 2024, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo (YouTube/KPU RI)

Pada debat Capres perdana, tampak ketiga calon presiden saling adu argumen dan adu gagasan, Kawula Muda.

Capres nomor urut 1, Anies Baswedan mendatangkan ayah dari pemuda bernama Harun Al Rasyid. Menurut Anies, Harun merupakan pendukung Prabowo di Pilpres 2019 tapi sudah meninggal, diduga saat protes hasil pesta demokrasi di 2019.

Sementara itu, Capres nomor urut 2, yakni Prabowo Subianto menyindir Anies Baswedan yang menganggap bahwa demokrasi Indonesia tak berjalan baik. Menurut Prabowo, Anies bisa menduduki kursi Gubernur DKI Jakarta di Pilkada DKI 2017 merupakan hasil dari demokrasi.

Sedangkan, calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo mempertanyakan Prabowo terkait ketegasannya mengenai pelanggaran HAM.

Ganjar mengajukan pertanyaan kepada Prabowo soal pelanggaran HAM. Menurut dia, ada sekitar 12 kasus pelanggaran HAM berat seperti peristiwa 1965 hingga peristiwa penculikan aktivis 1998.

Debat Cawapres

Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD dalam debat Cawapres Pilpres 2024, 22 Desember 2023 (YouTube/KPU RI)

Sementara itu, pada debat Cawapres yang digelar pada Jumat (22/12/2023), juga tak kalah sengit Kawula Muda.

Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, atau Cak Imin mengatakan bahwa dirinya akan membangun 40 kota di Indonesia menjadi besar setara Jakarta.

Menurut Cak Imin, kota-kota ini juga harus mampu menampung jumlah penduduk, memberikan sarana dan prasarana yang memadai, sekaligus kemampuan untuk terjaganya lingkungan yang memungkinkan untuk sehat, termasuk kehidupan yang memberikan kenyamanan bagi seluruh penduduknya.

Selanjutnya, Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka memberikan pertanyaan yang membungkam Cak Imin, Gibran memberikan pertanyaan mengenai State of the Global Islamic Economy (SGIE). Pertanyaan yang penuh istilah singkatan dari Gibran kemudian melahirkan aturan baru dalam debat Capres malam ini, terkait istilah-istilah singkatan harus disertai kepanjangannya.

Sementara itu, pada Debat Cawapres lalu, Mahfud MD, Cawapres nomor urut 3, menyampaikan bahwa masalah pinjaman online atau Pinjol, juga menjadi persoalan digitalisasi saat ini. Ia mengaku harus turun langsung menanganinya dimana dirinya saat ini menjabat sebagai Menkopolhukam. Mahfud menjelaskan, perkembangan digital juga harus hati-hati, karena terjadi disrupsi.

Nah Kawula Muda, menurut lo kira-kira bakal ada apa di debat ketiga Capres malam ini?

Berita Lainnya