Cara Lihat Hujan Meteor Perseid di Indonesia 12-13 Agustus 2023

Jangan sampai terlewat!

Ilustrasi melihat hujan meteor (ISTOCK)
Fri, 11 Aug 2023

Fenomena astronomi yang menarik di bulan Agustus ini adalah hujan meteor Perseid. Adapun, hujan meteor Perseid akan mengalami puncaknya pada 12-13 Agustus 2023.

Hujan meteor adalah peristiwa jatuhnya meteor dan melewati Bumi dalam jumlah banyak dan tampak seperti hujan yang turun.

Saat masuk ke Bumi melalui atmosfer, meteor akan terbakar sehingga seakan menimbulkan ekor yang kemerahan di belakangnya atau disebut komet. 

Fenomena asteroid yang cukup langka ini sangat sayang untuk dilewatkan. Simak pedoman cara melihat hujan meteor Perseid dalam artikel ini, Kawula Muda.

Hujan meteor Perseid dapat disaksikan di Indonesia pada 12-13 Agustus 2023 (NASA)

Fenomena hujan meteor adalah salah satu yang menarik untuk disaksikan, Kawula Muda.

Hujan meteor Perseid dianggap sebagai hujan meteor terbaik di tahun ini. Pasalnya, hujan meteor Perseid akan datang dalam jumlah yang banyak.

Sebenarnya, hujan meteor Perseid terjadi pada 17 Juli-24 Agustus 2023. Namun, puncak hujan meteor Perseid di langit Indonesia akan terjadi pada 12-13 Agustus 2023.

Cara Lihat Hujan Meteor Perseid 

Begini cara lihat hujan meteor Perseid di Indonesia 12-13 Agustus 2023 (AFP)

Meski Kepala Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Emanuel Sungging mengungkapkan hujan meteor Perseid terjadi selama satu minggu dari durasi puncak, tanggal 12-13 Agustus 2023 adalah puncak hujan meteor Perseid atau yang paling banyak.

Lebih lanjut, Emanuel mengatakan puncak hujan meteor Perseid paling baik dilihat pada 12-13 Agustus 2023 selama waktu pengamatan pukul 00.14-05.36 WIB. 

Puncak hujan meteor Perseid pada tanggal 13 Agustus 2023 nanti juga memiliki intensitas sebanyak 36 sampai 61 meteor per jam.

Fenomena tersebut dapat terlihat di seluruh langit Indonesia. Namun, ia menyarankan lokasi terbaik untuk melihat fenomena ini adalah di tempat yang gelap.

Seperti yang dikutip Kompas melalui Space, untuk mendapatkan pengalaman terbaik melihat hujan meteor, pengamatan sebaiknya dilakukan di tengah malam hingga sebelum fajar. Tempat pengamatan pun harus gelap dan jauh dari penghalang. 

Sebelum melakukan pengamatan, pastikan pengamat berada di lokasi yang gelap dan membiasakan penglihatan selama 30 menit. Selanjutnya, duduklah dengan santai sambil menunggu munculnya hujan meteor.

Sebagai catatan, hujan meteor tidak memiliki dampak negatif bagi manusia. Selain itu, fenomena ini tidak akan menyebabkan lapisan ozon menipis.

Berita Lainnya